Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Kacamata untuk Liburan

Kompas.com - 19/09/2016, 10:16 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat liburan, kacamata menjadi satu hal yang tak boleh terlupakan. Selain untuk menambah nilai keindahan, tentu kacamata berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.

Untuk Anda yang bingung memilih kacamata, berikut tips untuk memilih kacamata untuk liburan dari Sales Promotion Optik Melawai, Rindu Ajeng Susanti kepada KompasTravel.

Pilih UV Protection

Sinar ultra violet dari matahari akan merusak mata jika terpapar ke mata. Pilihlah kacamata yang berlabel UV 400 atau 100 persen UV Protection.

Tanda tersebut biasanya tertera di bagian pojok atas lensa. Lensa dengan UV Protection akan memastikan mata Anda terhalang dari sinar ultra violet.

Jenis lensa

Rindu mengatakan, terdapat dua jenis lensa kacamata yang biasa digunakan. Pertama, lensa UV Protection dan kedua lensa polarized.

Lensa UV Protection adalah lensa kacamata yang bisa melindungi mata dari sinar ultraviolet. Namun, jika digunakan untuk liburan, menurut Rindu, warna yang terlihat dari kacamata tersebut akan sedikit terdistorsi.

Sementara, lensa polarized adalah lensa yang berguna untuk mengurangi silau akibat pantulan cahaya dari beberapa obyek seperti air, jalan, dan obyek-obyek datar lainnya. Lensa polarized sudah memiliki fitur UV Protection.

Shutterstock Ilustrasi
Tujuan liburan

Jika pergi liburan ke pantai, gunung atau yang berada di luar ruangan, Rindu menyarankan untuk menggunakan kacamata dengan lensa polarized. Pasalnya, lensa polarized tak mengubah warna obyek yang terlihat melalui kacamata.

Sementara, jika banyak bergiat di dalam ruangan seperti mal, lensa yang digunakan cukup dengan jenis UV Protection.

Bentuk wajah

Bentuk wajah tentu akan mempengaruhi pemilihan bentuk lensa. Jika Anda memiliki bentuk wajah kotak, bulat, atau lonjong, ada tips tersendiri yang bisa dilakukan.

Rindu menjelaskan, wajah berbentuk lonjong dapat memakai segala jenis bentuk. Sementara jika memiliki wajah yang bulat, ia menyebutkan untuk menghindari pemakaian bentuk lensa yang bulat dan gunakan bentuk kotak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com