Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Aceh Berpeluang Kembangkan Wisata Halal

Kompas.com - 19/09/2016, 23:02 WIB

BANDA CEH, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Provinsi Aceh menjadi salah satu daerah yang memiliki peluang untuk mengembangkan wisata halal di Tanah Air.

"Ada tiga provinsi di Tanah Air yang berpeluang mengembangkan wisata halal salah satunya Aceh," kata Arief di sela-sela membuka rapat koordinasi kebudayaan dan pariwisata bertajuk 'Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan', di Banda Aceh, Senin (19/9/2016).

Menurut Arief, potensi yang ada itu harus dimanfaatkan dengan baik oleh provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu. Salah satunya dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh tamu yang datang ke Aceh.

Menpar mengatakan untuk mengoptimalkan peluang wisata halal tersebut maka perlu dilakukan sertifikasi halal di semua bidang seperti pelayanan dan akses serta dukungan dari semua pihak.

BARRY KUSUMA Tari Saman Aceh Gayo Lues
"Aceh belum masuk sebagai daerah destinasi wisata nasional dan saya yakin dengan adanya program dan progress yang dilakukan saat ini Aceh akan masuk, ditambah lagi jika Aceh terpilih dalam World Halal Tourism," katanya.

Menurut Menpar, dalam RPJM, Pemerintah menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan dan untuk mengoptimalkan sektor tersebut kementerian lainnya juga ikut serta dalam mendukung.

"Keseriusan setiap daerah dalam membangun sektor pariwisata terlihat dari alokasi anggaran untuk sektor tersebut," katanya.

Arief memaparkan, ada beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan seperti menciptakan dan mengembangkan ikon serta mempromosikan destinasi wisata unggulan Indonesia.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Tari Seudati di Taman Pekan Kebudayaan Aceh (PKA), Banda Aceh, Selasa (20/10/2015).
Selanjutnya tersedianya hotel dan restoran halal tersertifikasi dan perbaikan serta peningkatan infrastruktur untuk keperluan wisata halal di antaranya visa, informasi, layanan, daya tarik dan peningkatan kapasitas aksesibilitas.

Arief menambahkan, pariwisata membawa kesejahteraan kepada masyarakat dan pariwisata halal memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis "Take Me Anywhere 2"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com