Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Liburan, Jangan Tinggalkan Rumah Tanpa Melakukan 6 Hal Ini

Kompas.com - 20/09/2016, 06:20 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Liburan dalam waktu lama memang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Namun sebelum meninggalkan rumah yang tak berpenghuni selama Anda traveling, ada baiknya melakukan beberapa hal penting.

Meninggalkan rumah dalam waktu lama bisa berisiko tinggi. Oleh karena itu, sedikitnya ada 6 hal yang wajib dilakukan sebelum Anda pergi liburan. 

Berikut daftarnya seperti dihimpun KompasTravel.

1. Bayar semua tagihan

Sebelum berangkat liburan, ada baiknya membayar semua tagihan terlebih dahulu. Listrik, air, sampai tagihan koran atau kartu kredit. Pastikan juga dalam jangka waktu tertentu tidak akan ada kiriman barang atau tagihan ke rumah Anda.

2. Matikan air dan alat elektronik

Penting bagi Anda untuk mematikan suplai air agar tidak terjadi kebocoran selama Anda liburan. Jangan lupa juga matikan semua barang elektronik. Lebih baik lagi jika Anda mencabut kabel semua barang elektronik tersebut.

3. Bersihkan isi kulkas 

Bersihkan isi kulkas Anda, konsumsi atau singkirkan semua makanan segar. Membiarkan makanan segar begitu saja di dalam kulkas akan menimbulkan bau, bahkan memunculkan hama.

4. Buat makanan siap saji untuk kepulangan

Sebelum berangkat, coba buat makanan siap saji untuk dikonsumsi begitu Anda tiba kembali di rumah. Misal, saus spaghetti yang dimasukkan dalam tempat penyimpanan makanan. Begitu tiba kembali di rumah, Anda tinggal memasak pasta dan menghangatkan saus tersebut.

5. Bersihkan rumah 

Jangan tinggalkan rumah dalam kondisi kotor dan berantakan. Bayangkan jika Anda baru pulang liburan, harus kembali ke rutinitas, dan melihat seisi rumah berantakan. Pasti tidak menyenangkan bukan? 

6. Gunakan timer untuk lampu teras

Meski sedang traveling, jangan biarkan rumah Anda gelap gulita. Gunakan timer untuk semua lampu teras, sehingga rumah tetap terang saat malam. Ini menyiratkan bahwa rumah Anda berpenghuni, sehingga kecil kemungkinan bagi pencuri untuk masuk.

******

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Cara Mudah Dapatkan Liburan Gratis di Yogyakarta Bareng "Take Me Anywhere 2"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com