Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Ikuti Bursa Pariwisata Terbesar di Jepang

Kompas.com - 21/09/2016, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan ikut serta dalam bursa pariwisata tingkat dunia yang terbesar di Jepang, yakni "JATA Travel Expo 2016" pada 22-25 September di Tokyo International Exhibition Center (Tokyo Big Sight), Tokyo, Jepang.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Rabu (21/9/2016), mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam bursa pariwisata terbesar di Jepang itu menjadi salah satu strategi promosi pariwisata "Wonderful Indonesia".

"JATA Tourism Expo (JTE) 2016 adalah bursa pariwisata internasional tahunan terbesar di Jepang, diikuti oleh 1.161 'buyers' dan 'sellers' dari 141 negara dengan 1.129 'booths', dan dikunjungi oleh 173.602 pengunjung," kata Arief Yahya.

Dengan fakta dan data tersebut, menurut Menpar, Indonesia sangat perlu untuk berpartisipasi dengan materi promosi yang menarik dan maksimal.

Tahun ini merupakan acara ke-24 kalinya JTE dilaksanakan sehingga penyelenggaraannya pun diperkirakan semakin meriah dan akbar.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Wisatawan menikmati matahari terbit dari kawah I Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali beberapa waktu lalu.
Kementerian Pariwisata akan membuka lahan untuk berpameran seluas 180 meter persegi dengan disain booth bernuansa kapal Phinisi.

Kapal Phinisi merupakan kapal tradisional khas suku bugis dan suku Makassar di Sulawesi Selatan tepatnya dari desa Bira, kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

Model kapal tersebut sangat khas dengan dua tiang layar utama sehingga diharapkan mampu menarik perhatian pengunjung dalam acara pameran akbar tersebut.

Menurut Menpar, ajang tersebut sangat potensial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Alasan Menpar, ketika itu para pelaku industri pariwisata dari berbagai belahan dunia berkumpul dalam acara pameran berbagai produk dan jasa di bidang pariwisata termasuk airlines, seni dan budaya, atraksi dan destinasi, resort, layanan transportasi, "conference dan exhibition centers", layanan perbankan, golf, venue kebudayaan, "holiday camps", hingga hotel dan restoran.

KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH Pinisi yang dioperasikan Plataran di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timir, Selasa (19/1/2016).
Lahan pameran seluas 180 meter persegi akan menampung 20 booth dilengkapi dengan desain dan gambar yang mewakili destinasi di "3 Greater" yakni Batam, Jakarta, dan Bali.

"Kegiatan ini sangat penting apalagi Jepang merupakan salah satu negara fokus pasar pariwisata Indonesia yang dari tahun ke tahun kontribusinya besar kepada target kunjungan wisman ke Tanah Air," ujar Arief.

Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan dalam ajang JTE, Indonesia akan menempati posisi di "Indonesia East Hall 1, A 24".

Kemenpar memfasilitasi 35 pelaku industri pariwisata Indonesia dari berbagai provinsi untuk mengikuti acara itu.

Mereka bergerak pada jasa biro perjalanan, hotel, Pemda, "cruise", pengelola destinasi wisata, theme park, hingga maskapai penerbangan.

Halaman:
Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com