Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Akhir Pekan, Yuk ke Banyuwangi

Kompas.com - 23/09/2016, 10:41 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika bingung akan menghabiskan libur akhir pekan, tidak ada salahnya anda mampir ke Banyuwangi, Jawa Timur, karena selama akhir pekan ini ada beberapa acara yang digelar di kabupaten yang terkenal dengan julukan "Sunrise of Java" itu.

Agenda yang akan diusung pada Sabtu (24/9/2016) adalah Festival Mainan Anak Tradisional, Lalare Orkestra Concert dan Festival Arung Kanal Decorative Boat. Sabtu pagi, anak-anak Banyuwangi akan bermain dalam sebuah festival permainan anak tradisional.

Mereka akan bermain layang-layang, egrang, congklak, gobag sodor, gasing, hulahop, entik, dagongan di Taman Blambangan Banyuwangi, dimulai pukul 08.00 WIB. Festival yang masuk tahun kedua ini menjadi ajang memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak dengan harapan mereka bisa kembali memainkan secara kelompok.

Malam harinya, wisatawan bisa menyaksikan konser seniman cilik Banyuwangi yang tergabung dalam Lalare Orchestra Concert. Kelompok musik ini berhasil meraih penghargaan tingkat dunia dari Pacific Asia Travel Association (PATA) kategori heritage and culture.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Salah satu sudut E Park Banyuwangi yang menyediakan klinik taman hias.
Sebanyak 100 anak dari berbagai tingkatan sekolah dasar dan SMP di Banyuwangi akan memainkan beragam alat musik khas Banyuwangi dalam sebuah orkestra yang menarik di Gedung Seni Budaya Banyuwangi. Mereka akan membawakan berbagai genre mulai musik dangdut, pop, blues, dan lagu dari Madura.

Sementara itu jika ingin merasakan atmosfer berbeda, wisatawan bisa menikmati tradisi unik dua tahunan yang digelar di wilayah Selatan Banyuwangi yaitu Festival Arung Kanal Decorative Boat yang digelar pada Sabtu malam.

Festival perahu hias tersebut sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo yang akan digelar pada Sabtu malam. Uniknya, lomba perahu hias ini tidak dilakukan di laut, melainkan di sebuah sungai besar yang mengalir membelah desa ini. Dalam festival ini, puluhan perahu hias akan melintas di tengah sungai.

Bagi Anda pecinta kopi bisa mengikuti Perayaan Hari Kopi Sedunia yang berlokasi di Rest Area Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Hari Sabtu (24/9/2016), mulai pukul 06.00 akan ada pembagian kopi gratis kepada wisatawan yang baru turun dari Kawah Ijen serta edukasi budidaya tanaman kopi dan edukasi penyeduhan kopi.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Peserta Festival Layang Layang sedang menerbangkan layang-layang di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (7/8/2016).
"Untuk hari minggu ada dialog pariwisata, workshop batik serta dialog UMKM dan produk unggulan Banyuwangi," kata Kisma Donna, koordinator acara kepada KompasTravel, Kamis (22/9/2016).

"Semuanya free, bebas," tambahnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda kepada KompasTravel mengatakan Kabupaten Banyuwangi secara konsisten akan terus mengangkat kearifan lokal.

Ia mencontohkan festival arung kanal yang belum banyak yang mengenal padahal jika dikelola bisa menjadi aset pariwisata yang luar biasa. "Wisatawan yang datang bisa memilih agenda wisata mana yang disukai. Sekali datang ke Banyuwangi pasti ingin kembali," kata Bramuda. 

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Catat, 6 Tips "Selfie" Saat Liburan ala "Take Me Anywhere 2"

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com