Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Panda Tak Perlu Jauh ke China, di Thailand Juga Ada

Kompas.com - 25/09/2016, 22:09 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Panda adalah hewan endemik China, sekaligus salah satu satwa yang paling dilindungi. Untuk melihatnya langsung, wisatawan biasanya harus menyambangi China terutama Chengdu, yang punya pusat konservasi panda.

Namun rupanya, hewan menggemaskan satu ini bisa dilihat langsung di Thailand tepatnya Chiang Mai. Kota ini berada di provinsi bernama sama yakni Chiang Mai, yang terletak di wilayah utara Thailand. Tempat untuk melihat panda itu adalah Chiang Mai Zoo.

KompasTravel menyambangi kebun binatang ini pada Jumat (23/9/2016) di sela-sela trip media dari Tourism Authority of Thailand (TAT). Kebun binatang ini sangat luas dan berkontur.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa naik bus hop on hop off dari gerbang masuk seperti yang KompasTravel lakukan. Bus kemudian akan berhenti di beberapa titik, tepat di depan kandang-kandang satwa. Kandang panda terletak tidak jauh dari pintu masuk.

Sekitar lima menit naik bus, kami sudah sampai di kandang panda. Untuk melihat panda, pengunjung dikenakan tarif 100 Baht (sekitar Rp 38.000) per orang. Pengunjung kemudian akan memasuki bangunan penuh pernak-pernik panda.

Kompas.com/Sri Anindiati Nursastri Panda di Chiang Mai Zoo
Ada pula toko suvenir yang menjual beragam barang berbentuk panda. Tak lama berjalan, tibalah KompasTravel di kandang panda. Ada dua ekor panda yang menghuni Chiang Mai Zoo. Satu jantan, dan satu betina.

"Mereka sempat kawin kemudian punya anak. Namun anaknya dikirim kembali ke China," tutur Jack, pemandu wisata yang bertugas menemani rombongan trip media di Thailand.

Kandang tersebut terbilang luas. Namun, kedua panda tidak berada dalam satu kandang. Ada penyekat antara si jantan dan si betina. Sementara si jantan sedang asyik tidur, si betina duduk sambil mengunyah bambu. Dia tampak tidak tergubris sedikit pun meski wisatawan hilir-mudik di hadapannya.

"Suhu udara di dalam sini juga harus dijaga, agar sesuai dengan habitat panda," tambah Jack.

Selain panda, Chiang Mai Zoo juga punya beberapa hewan endemik negara lainnya. Antara lain koala (Australia) dan orangutan (Indonesia). Harga tiket masuk Chiang Mai Zoo adalah 150 Baht (sekitar Rp 60.000) untuk dewasa dan 70 Baht (sekitar Rp 27.000) untuk anak-anak di bawah 135 cm.

Untuk naik bus hop on hop off, Anda perlu merogoh kocek 30 Baht (Rp 12.000) untuk dewasa dan 20 Baht (Rp 7.500) untuk anak-anak.

***

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Gratis Liburan Seru di Yogyakarta, Mau?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com