Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Lihat Suku Asli Pedalaman Thailand? Ini Tempatnya...

Kompas.com - 30/09/2016, 13:06 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Hill tribes, begitu sebutan warga Thailand untuk suku-suku yang tinggal di pegunungan bagian utara. Tak hanya Thailand, beberapa suku datang dari daerah perbatasan Myanmar dan Laos. Mereka menetap di pedalaman utara Thailand demi bertahan hidup.

Layaknya Suku Baduy di Indonesia, hill tribes di Thailand juga masih hidup dengan cara tradisional. Mereka mengenakan pakaian khas, melakukan tradisi turun-temurun seperti menenun pakaian. Para lelakinya turun ke sawah atau kebun sebagai mata pencaharian. 

Namun, seiring perkembangan zaman, banyak hill tribes yang terancam eksistensinya. Hal inilah yang dimanfaatkan pemerintah Thailand untuk membangun Baan Tong Luang, alias Eco-Agricultural Hill Tribes Village.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Ada tujuh suku yang tinggal di desa ini yaitu Karen, Lahu Shi Bala, Palong, Hmong, Kayaw, Akha, dan Mien.

Baan Tong Luang terletak di Maerim-Samoeng Road, dekat dengan Mae Sa Elephant Camp di Chiang Mai. Ini adalah desa wisata tempat tinggalnya tujuh hill tribes, yang kini pendapatan utamanya dari sektor pariwisata.

"Ada tujuh suku yang tinggal di desa ini. Ada sekitar 20 kelompok jika ditotal," tutur Paiboon Pramuankarn, pemandu wisata yang mengantar KompasTravel dan rombongan dari Tourism Authority of Thailand (TAT) berkeliling Chiang Mai beberapa waktu lalu.

Tujuh suku tersebut adalah Karen, Lahu Shi Bala, Palong, Hmong, Kayaw, Akha, dan Mien. Suku yang paling banyak diincar, dan tentunya difoto adalah Karen. Para wanita Suku Karen mengenakan kalung bertumpuk-tumpuk. Mereka melakukan tradisi ini sejak masih gadis. Semakin panjang leher, semakin cantik mereka di mata pria.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Wanita suku Karen yang tinggal di bagian utara Thailand.

Tibet adalah daerah asal Suku Karen. Mereka kemudian "hijrah" ke China, kemudian Myanmar, dan sempat konflik dengan pemerintah Myanmar. Itulah mengapa, pada akhirnya, mereka mencari keberuntungan di Negeri Gajah Putih. 

Hampir semua suku asli Thailand punya kerajinan tangan berupa tenun. Semua wanita hill tribes bisa menenun. Mereka menenun kain untuk digunakan sebagai pakaian, topi, hingga selimut dan kaus kaki.

Tujuh suku itu tersebar di desa yang cukup luas, lengkap dengan pesawahan dan lumbung padi. Bertani adalah mata pencaharian utama para pria hill tribes. Kincir air bisa ditemukan di beberapa titik.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Pedesaan di Chiang Mai, Thailand.

Menyusuri tiap suku di Baan Tong Luang butuh waktu yang tidak sedikit. Apalagi setiap pemilik rumah memersilakan pengunjung untuk memotret (tanpa membayar) bahkan masuk ke dalam rumahnya.

Di teras rumah, berderet aneka suvenir khas utara Thailand. Tenun, perhiasan, gelang etnik, sampai magnet kulkas bisa ditemukan di sini. Harganya memang lebih mahal dibanding di Chiang Mai Night Bazaar. Namun tak ada salahnya Anda membeli suvenir tersebut untuk membantu perekonomian para suku ini. 

Jika Anda pikir ini mengumpulkan suku-suku asli Thailand sebagai sumber pendapatan wisata merupakan cara yang tak lazim, datang dan lihatlah sendiri.

"Suku Karen misalnya, datang dari perbatasan Myanmar dan sudah lama menetap di Thailand. Di sana mereka tidak terurus, sulit untuk mendapatkan uang. Di sini mereka hidup lewat wisata, masih dengan tradisi asli mereka," tambah Paiboon yang akrab dipanggil Jack.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com