Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November, Agam Gelar Festival Pesona Danau Maninjau

Kompas.com - 10/10/2016, 05:02 WIB

LUBUK BASUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar Festival Pesona Danau Maninjau, untuk melestarikan kesenian Minangkabau dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Festival ini akan digelar di Obyek Wisata Muko-Muko Kecamatan Tanjung Raya, pada 3-6 November 2016," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Agam, Hadi Suryadi di Lubuk Basung, Sabtu (8/10/2016).

Ia mengatakan, kegiatan yang diadakan seperti, lomba biduak atau perahu, tambua tansa, talempong aguang, saluang dan pameran. Sementara peserta lomba tersebut berasal dari grup kesenian dan perwakilan kecamatan di Kabupaten Agam.

"Saat ini kita telah mempersiapkan undangan untuk peserta. Dalam waktu dekat undangan ini akan Kita serahkan langsung ke grup tersebut," katanya.

Festival Pesona Danau Maninjau ini merupakan program tahunan dari Pemkab Agam untuk melestarikan kesenian Minangkabau, karena kesenian ini sudah mulai hilang di daerah itu seperti, lomba biduak, dan talempong aguang.

"Sebelumnya kita juga mengadakan lomba kata pasambahan dan kesenian randai beberapa bulan lalu," katanya.

Selain melestarikan kesenian, festival ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Agam, sehingga dapat mengerakan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata.

Pada 2016, Disbudpar Agam menargetkan jumlah kunjungan sebanyak 550.000 orang dan realisasi sekitar 250.000 orang.

Anggota DPRD Agam, Noveri Edios mendukung festival ini dalam upaya melestarikan kesenian dan meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Namun festival itu harus melibatkan seluruh grup kesenian di Agam.

"Dengan cara ini, maka kesenian ini tidak hilang dimakan zaman dan wisatawan akan berkunjung ke Agam," katanya. (Altas Maulana/Antara)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com