Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Jauh Profesi Koki di Pesawat Garuda Indonesia

Kompas.com - 10/10/2016, 18:19 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa bilang koki hanya bekerja di darat? Keahlian para koki juga dibutuhkan di kapal pesiar, juga di pesawat. Koki yang bertugas di pesawat ternyata dituntut hal yang lebih. Tentunya, mereka punya banyak pengalaman yang unik untuk diceritakan.

"Profesi koki ini sebenarnya terbilang baru di Garuda Indonesia, baru sekitar empat tahun. Dalam satu penerbangan jarak jauh atau rute internasional ada dua chef yang bertugas, di First Class dan Business Class," kata Chef Instructor Garuda Indonesia, Zalman saat ditemui di Garuda Indonesia Travel Fair, Sabtu (9/10/2016).

Pada kelas utama atau First Class rute internasional Garuda Indonesia, selalu ada satu orang koki yang disebut Chef on Board. Selanjutnya, di kelas bisnis atau Business Class, koki disebut Manager Cuisine. Kedua chef ini selalu ada pada penerbangan pesawat Garuda Indonesia dengan lama penerbangan lebih dari lima jam. 

"Kalau di First Class kami melakukan pendekatan intimate service. Kalau di Business Class kami melakukan engagement service," kata Aldo, Chef Instructor lainnya dari Garuda Indonesia yang ditemui di acara yang sama. 

Tugas koki udara ini menurut Zalman sangat beragam, tak hanya memasak untuk penumpang.

"Kami juga seperti pramugara, mengutamakan keamanan dan pelayanan. Tugas utamanya memastikan makanan yang disajikan ke penumpang dari segi kualitas, kuantitas, dan peralatan juga harus tersedia semua. Bersama tim kita kontrol semua, tetapi untuk makanan itu tanggung jawab Chef on Board," kata Zalman.  

Tentunya menjadi koki udara dengan resiko keamanan dan ruang kerja yang lebih sempit, gaji yang diberikan tentu harus setimpal. Lantas berapakah gaji koki yang bertugas di pesawat?

"Kalau gaji sebenarnya standar saja, hanya ada tambahan yang terbang, sama seperti pramugara," kata Zalman. Tertarik untuk menjadi koki di udara?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com