Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Cobain Sate Kalong Mang Uus...

Kompas.com - 11/10/2016, 09:14 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Setelah menikmati beberapa menu di Kota Cirebon, Jawa Barat, saya tertarik dengan penjual sate kalong yang berjualan di sekitar Jalan Ampera Raya, Kedungjayabaru.

Namanya Sate Kalong Mang Uus. Biasanya Mang Uus keliling berjualan, tetapi kalau Anda mau mencari, datang saja sekitar pukul 20.00-22.00.

Mang Uus biasa mangkal di samping Mee Time, Jalan Ampera Raya, Kedungjayabaru, Cirebon. Mang Uus berjualan sate kalong menggunakan gerobak kecil yang didorong.

Nah jangan bingung ya, sate kalong ini sebenarnya sate daging sapi, cuma kalau di Cirebon lebih terkenal dengan sebutan sate kalong.

Menurut Mang Uus dalam sehari bisa menjual sekitar 500 tusuk sate kalong.

WWW.DOYANKULINER.COM Sate kalong Mang Uus di Jalan Ampera Raya, Kedungjayabaru, Cirebon, Jawa Barat.
Mang Uus hanya menyediakan dua macam sate kalong yakni versi manis dan versi asin. Kalau rasa manis ini menggunakan daging sapi, sedangkan rasa asin menggunakan urat.

Saya ingin mencoba yang manis saja. Saya memesan 10 tusuk sate kalong. Harga untuk 10 tusuk sate kalong Rp 9.000.

Jangan heran ya, ini satenya ukurannya mini dan tipis-tipis. Setelah dibakar lantas disajikan pada kertas minyak dan diberi bumbu kacang.

Untuk rasa sate kalong yang manis ini saya suka banget, enak, dan memang terasa manis. Apalagi setelah dipadu dengan sambel kacang yang legit dan cukup pedas, rasa sate kalong ini tambah nikmat.

Bagi pecinta pedas, Anda bisa meminta untuk menambah sambalnya. Dagingnya juga menurut saya empuk, tetapi memang porsinya sedikit.

WWW.DOYANKULINER.COM Sate kalong Mang Uus di Jalan Ampera Raya, Kedungjayabaru, Cirebon, Jawa Barat.
Sate kalong biasanya memang hanya untuk digado untuk cemilan. Jadi Mang Uus juga tidak menjual nasi putih atau lontong.

Wah kalau Anda wisata kuliner ke Cirebon memang harus cobain street food seperti sate kalong ini.

Menurut saya sudah mulai jarang menemukan penjual sate kalong. Padahal keberadaan sate kalong harus dipertahankan supaya anak cucu kita bisa menikmati salah satu kuliner khas Cirebon. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com