Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, Mampir ke Gebyar Pesona Museum Nusantara di TMII

Kompas.com - 12/10/2016, 14:12 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara Gebyar Pesona Museum Nusantara digelar di Anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Acara yang diselenggarakan kali kedua ini bertema "Exotica of Borneo”.

Beragam acara menarik dapat diikuti seperti pameran tematik tentang “Kearifan Budaya, Menjaga Alam” Suku Dayak, pameran komunitas Suku Dayak, dan pameran beberapa koleksi museum-museum di TMII. Acara Gebyar Pesona Museum Nusantara dilaksanakan mulai tanggal 12-15 Oktober 2016.

"Ini prakarsa dari pihak museum TMII. Semoga museum ini lebih familiar dengan anak sekolah, sesuai dengan program Kemendikbu yaitu mensosialisasikan museum dan mengenalkan museum pada anak-anak," kata Penanggung Jawab Acara Gebyar Pesona Museum Nusantara 2016 RR.

Purnama Sari (26) saat ditemui KompasTravel di TMII, Jakarta, Rabu (12/10/2016). Menurutnya, acara Gebyar Pesona Museum Nusantara juga bermaksud sebagai peringatan Hari Museum Nasional yang jatuh pada 12 Oktober 2016.

Ia menambahkan museum sebenarnya juga memiliki program-program interaktif yang bisa diikuti oleh khalayak luas. "Acara ini bisa diikuti masyarakat secara gratis. Segala kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua bisa mengikuti. Acara yang kedua ini dibuat lebih spesial. Tema dengan Suku Dayak. Tema kecilnya Eksotika Borneo," tambahnya.

Gebyar Pesona Museum Nusantara juga diisi dengan serangkaian acara workshop dan demonstrasi seperti broadcasting "How to Make Music Video", membatik, tari Kalimantan, mewarnai kartu pos, kaligrafi, seni mengukir (Suku Asmat), wayang suket, demo menjinakkan api, membuat dan mewarnai layiang-layang, meronce manik-manik, menganyam, tattoo non permanen, membuat gerabah, Sains Show “Api” dan “Nitrogen Cair”, Sains Show (Museum Listrik dan Energi Baru), dan berbagai lomba seperti mewarnai kartu pos dan lego “moda transportasi”.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Pengunjung melihat pameran tematik tentang “Kearifan Budaya, Menjaga Alam” Suku Dayak pada acara Gebyar Pesona Museum Nusantara yang digelar di Anjungan Kalimantan Barat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (12/10/2016). Acara yang diselenggarakan kali kedua ini bertema "Exotica of Borneo”.
Adapun museum-museum yang berpartisipasi dalam acara Gebyar Pesona Museum Nusantara seperti Museum Olahraga Nasional, Museum Transportasi, Museum Penerangan, Museum Perangko, Museum Indonesia, Museum Listruk & Energi Baru, Museum Pusaka, Museum Asmat, Museum Komodo & Serangga, Museum Indonesia, Museum Bayt Al-Quran - Museum Istiqlal, Museum Timor-Timor.

Pengunjung bisa melihat beberapa koleksi museum yang dipamerkan di area lantai dasar Anjungan Kalimantan Barat. Selain itu, acara ini juga diramaikan dengan korps musik yang akan memainkan musik-musik daerah serta pertunjukkan music bambu dan tarian-tarian Kalimantan. Tak hanya itu, Gebyar Pesona Museum Nusantara tahun ini juga mengadakan acara-acara seperti Museum Funwalk, Jelajah Museum II, dan juga Kreasi Kotak Cerita dan Story telling.

Gebyar Pesona Museum Nusantara akan ditutup dengan pertunjukkan Ensambel Musik Tradisional Dayak, Tradisi Palang Bambu, Museum Award, dan Operet van Museum “Singkawang” pada tanggal 15 Oktober 2016. Acara-acara tersebut terselenggara atas kerjasama Asosiasi Museum Indonesia Kawasan TMII (AMIKA TMII) dengan AMI (Asosiasi Museum Indonesia), AMI DKI Jakarta Paramita Jaya dan Komunitas Jelajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com