Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap ke Raja Ampat, Ada Festival Raja Ampat

Kompas.com - 15/10/2016, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Festival Raja Ampat merupakan salah satu event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu. Setiap tahunnya, acara ini selalu mengusung tema yang berbeda-beda.

Tahun ini event tersebut akan digelar kembali pada 18-21 Oktober 2016 di kawasan Pantai Waisai Tercinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat dengan mengusung nama Festival Pesona Raja Ampat 2016 dengan tagline “Lovely Raja Ampat”.

“Nama dan tagline tersebut diambil untuk mewakili segala keindahan dan potensi alam Raja Ampat, yang berada di atas maupun bawah laut,” kata Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (14/10/2016).

Ia optimis dengan event tahunan tersebut akan mampu menarik kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Selain itu, acara ini akan menjadi tempat tampilnya kreativitas masyarakat Raja Ampat. Festival ini akan kembali diisi dengan beragam acara yang menarik.

“Ada banyak kegiatan berupa lomba, pentas seni dan tari serta hiburan rakyat,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo.

Sejumlah kegiatan yang akan digelar dalam Festival Raja Ampat tahun 2016 antara lain Under Water Foto, Lomba Foto Instagram, Beach Clean, Try Scuba Diving, Lomba Bahari, Wisata Kuliner, Lomba seni kerajinan tangan masyarakat, Paket Wisata Alam, Lomba Foto Jurnalis serta beberapa kegiatan lainnya.

AUDREY ROIT Diving di Raja Ampat, Papua Barat.
Salah satu yang menarik dalam acara kali ini adanya kegiatan Try Scuba Diving. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat Raja Ampat sebagai tujuan wisata selam dunia, dan banyak orang datang ke Raja Ampat hanya untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat.

Namun masih banyak wisatawan domestik dalam negeri sendiri kurang tertarik untuk diving, padahal Indonesia adalah negara maritim. Hal ini membuat orang yang datang ke Raja Ampat banyak yang belum bisa menyelam, maka Try Scuba Diving dilaksanakan bagi orang yang ingin mencoba untuk diving.

“Nantinya akan dipandu oleh para penyelam profesional yang merupakan putra daerah asli Raja Ampat,” kata Yusdi.

Lomba foto

 Untuk memeriahkan acara kali ini, diadakan pula lomba foto khusus untuk para jurnalis. Sesuai dengan tagline Festival Pesona Raja Ampat 2016, lomba ini bertema “Lovely Raja Ampat”.
 
“Oleh karena itu setiap penilaian akan mengacu pada tema lomba tersebut dan terbuka untuk jurnalis manapun di seluruh Indonesia," ujar Yusdi. 
 
Batas waktu upload lomba pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016, 10:00 WIT. Hadiah jutaan rupiah akan diberikan pada pengumuman hari Minggu, 23 Oktober 2016 di akun resmi instagram @festivalrajaampat. Lomba ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Diharapkan dengan kegiatan ini akan semakin membuat kenindahan pesona Raja Ampat dapat disebarluaskan dan dinikmati segala lapisan masyarakat secara umum walau hanya di media sosial. (*)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com