Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Ngarai Sianok Akan Ditata

Kompas.com - 21/10/2016, 18:41 WIB

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias menyatakan pemerintah setempat akan melakukan penataan di kawasan wisata Ngarai Sianok.

"Pemandangan tebing Ngarai Sianok biasa dinikmati wisatawan dari atas. Selanjutnya akan diupayakan agar bagaimana dapat dinikmati dari bawah, yaitu di daerah aliran sungai Batang Sianok. Ini yang akan ditata," katanya di Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (21/10/20160.

Ia menerangkan, daerah aliran sungai tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata baru di daerah itu seperti untuk kegiatan arung jeram dan membangun kolam mandi untuk anak.

"Kami segera surati pemerintah provinsi agar pasir di daerah aliran sungai dapat dibersihkan. Kemudian sungai dijaga kelestariannya dan dimanfaatkan sebagai lokasi wisata," sebutnya.

(BACA: Jurnalis China Kagumi Keindahan Kota Bukittinggi)

Menurutnya, kawasan Ngarai Sianok sudah cukup dikenal masyarakat bahkan hingga ke luar negeri namun karena belum tertata. Wisatawan lebih suka mengunjungi Taman Panorama dan Lobang Jepang, Jam Gadang serta Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK).

"Sekarang saatnya Ngarai Sianok yang ditata agar ramai seperti obyek wisata lain sehingga menambah daya tarik pariwisata Bukittinggi. Karena lokasinya yang juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Agam kami akan bersinergi dalam penataan itu," katanya.

Ramlan merencanakan secara bertahap akan menghidupkan kawasan Ngarai Sianok melalui kegiatan-kegiatan pariwisata dan pendidikan seperti lomba-lomba bagi siswa sekolah agar secara tidak langsung dapat mengarahkan masyarakat ke lokasi itu.

KOMPAS/RINI KUSTIASIH Ngarai Sianok di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, merupakan salah satu jalur yang disukai komunitas pesepeda. Jalur yang berkelok-kelok dan pemandangan alamnya yang indah itu membuat jalur ini sering dilintasi para pesepeda. Foto diambil pada 27 April 2014.
Selanjutnya, keamanan dan sosialisasi sadar wisata dilakukan bagi warga setempat terkait tarif makanan, tarif parkir dan kebersihan serta menambah sarana seperti toilet umum, transportasi dan menambah penerangan yang akan diupayakan pengadaannya melalui investor.

"Pariwisata itu yang penting aman dan nyaman. Secara bertahap kami akan tata dan libatkan masyarakat agar dapat pula memberikan kenyamanan bagi pengunjung," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com