Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2016, 19:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Beberapa hari ke belakang beberapa pengguna situs Online Travel Agent (OTA) Traveloka kebingungan. Pasalnya, maskapai berplat merah Garuda Indonesia dan Citilink tak bisa ditemukan di situs maupun aplikasi Traveloka.

Seorang netizen Galih Wangi dengan akun @Galih_Wangi menanyakan status dua maskapai tersebut di lewat media Twitter.

"Di Traveloka udah gak ada flight Garuda ya?" cuit Galih pada 19 Oktober lalu kepada akun Garuda Indonesia.

(Baca: Benarkah Garuda Indonesia dan Citilink "Hilang" di Traveloka?)

Netizen lain Abina Adan dengan akun @AbinaAdan juga serupa dengan Galih. Ia berencana pergi ke Palembang  juga tak berhasil menemukan Garuda Indonesia.

"Saya barusan cek di aplikasi Traveloka, info penerbangan Garuda untuk tanggal 28 Oktober Jakarta ke Palembang kok gak ada ya?" cuit Abina kepada akun Traveloka pada tanggal 19 Oktober.

KompasTravel sempat mencoba mencari penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink di website Traveloka.com pada Jumat (21/10/2016) sejak pukul 13.30 WIB. Penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink pada tanggal 10 November 2016 tujuan Jakarta – Bali dan Jakarta – Surabaya tidak muncul di hasil pencarian situs Traveloka.com.

Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar menjelaskan saat ini Traveloka bersama Garuda Indonesia dan Citilink sedang melaksanakan konsolidasi bisnis terkait komitmen kerja sama channel distribution tiket Garuda Indonesia dan Citilink pada laman Traveloka.

Konsolidasi bisnis tersebut diharapkan dapat memaksimalkan pola kerja sama bisnis yang bersifat jangka panjang dan lebih menguntungkan antar kedua belah pihak.

“Konsolidasi bisnis tersebut, meliputi aspek administratif hingga pola kerja sama dan pengembangan basis teknologi yang lebih memudahkan akses layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink laman Traveloka,” kata Benny dalam keterangan resmi kepada KompasTravel, Jumat (21/10/2016).

Ia menambahkan terkait penyesuaian hal tersebut, saat ini layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink Indonesa pada laman Traveloka belum dapat terakses dengan baik. Benny menyarankan seluruh pengguna jasa untuk langsung mengakses channel layanan tiket yang dimiliki Garuda Indonesia maupun Citilink.

“Konsolidasi bisnis tersebut diharapkan dapat menghasilkan terobosan bisnis terbaru yang dapat memberikan nilai tambah terhadap seluruh customer Traveloka pada umumnya, maupun pengguna jasa Garuda dan Citilink yang membeli tiket melalui laman Traveloka,” tambahnya.

KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny Butarbutar menjelaskan insiden yang dialami pesawat Garuda Indonesia GA514 rute Jakarta-Pontianak, Jumat (25/9/2015).
Pihak Traveloka, Garuda Indonesia, dan Citilink, lanjut Benny, memastikan bahwa tidak dapat diaksesnya layanan tiket GA dan Citilink hanya bersifat temporer. Ia meyebut setelah proses konsolidasi bisnis selesai dilaksanakan dalam waktu dekat, layanan tiket Garuda dan Citilink dapat segera diakses kembali. 

“Berkaitan dengan pemberitaan di beberapa kanal media terkait permasalahan sistem ticketing Garuda Indonesia dan Citilink yang berdampak pada layanan Traveloka, bersama ini kami sampaikan bahwa tidak benar bahwa terdapat permasalahan dalam sistem ticketing Garuda Indonesia maupun Citilink,” jelasnya.

Sementara, Communications Executive Traveloka, Busyra Oryza menuturkan hingga saat ini maskapai Garuda Indonesia dan Citilink tidak bisa diakses untuk sementara waktu dalam beberapa hari terakhir ini di website dan aplikasi Traveloka.

Namun, ia belum dapat menyebutkan kapan maskapai Garuda Indonesia dan Citilink bisa diakses kembali.

“Namun, kami pastikan bahwa kami dan pihak Garuda Indonesia berusaha mengembalikan maskapai tersebut di search result Traveloka secepatnya,” kata Busyra saat dikonfirmasi KompasTravel.

(Baca juga: Kapan Traveloka Kembali Menjual Tiket Garuda dan Citilink)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com