Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Asing Pun Tertarik Membatik di Mabesikan Festival

Kompas.com - 23/10/2016, 22:02 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Beberapa warga negara asing menarik perhatian pengunjung acara Mabesikan Festival di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar, Bali, Sabtu (22/10/2016).

Pasalnya, beberapa warga negara asing yang ikut membatik sangat antusias dan bergembira mengikuti prosesi membatik dari membuat pola gambar hingga membatik dengan alat canting.

Seperti yang diungkapkan salah satu warga asing bernama Summa asal Australia. Summa  sudah empat tahun tinggal di Bali dan juga mengaku sering berburu kain dan baju batik di Solo dan Yogyakarta.

"Saya suka sekali batik. Yang saya suka motif natural, suka sekali. Saya sampai ke Solo, ke Jogja untuk beli batik. Di sini (acara Mabesikan Festival) ada yang belajar membatik, saya suka sekali, saya ikut. Cantik batik," kata Summa.

(BACA: Ini Dia 5 Wisata Batik yang Bisa Anda Kunjungi)

Ketertarikan orang asing terhadap batik dinilai wajar oleh Giyanto Martoredjo, seniman batik yang tergabung dalam Lingkara Photocoffe, menyampaikan bahwa batik sudah diakui dunia.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Belajar membatik di acara Mabesikan Festival, di Denpasar, Bali, Sabtu (22/10/2016).
"Wajar orang asing suka. Batik kan sudah diakui dunia sebagai warisan budaya Indonesia. Mereka tertarik pada proses pembuatan dan hasilnya yang dinilai memiliki karya seni yang tinggi. Batik pantas dihargai oleh siapa pun," kata Giyanto.

Batik dan Perkembangannya

Giyanto Martoredjo adalah seniman batik yang sudah melanglang buana. Hampir 25 tahun waktunya dihabiskan di Australia untuk mengajar membatik. Kecintaannya dengan batik ini menjadikan dirinya rela berbagi ilmu dan mau mengajari yang ingin bisa membatik.

Giyanto menjelaskan bahwa batik adalah karya seni tinggi dan sarat dengan makna filosofi, dan simbol penuh makna yang memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya.

"Dulu batik itu seolah-olah dipandang sebelah mata. Nyatanya sekarang banyak peminatnya. Banyak yang pakai, banyak yang belajar batik, karena batik memang sarat filosofi," ujar Giyanto.

Ada beberapa tips yang disampaikan oleh Giyanto terkait pembuatan batik menggunakan canting.

1. Sebelum proses membatik, kain harus dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan lapisan tepung kanji di kain agar tidak mengganggu proses pewarnaan.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Summa, warga Australia yang belajar membatik di acara Mabesikan Festival, Denpasar, Bali, Sabtu (22/10/2016).
2. Pada proses pembuatan sketsa harus terlebih dahulu menentukan gambar apa yang akan dibuat, warna dan komposisinya. Dibutuhkan imajinasi kuat dalam membuat sketsa.

3. Setelah mendapatkan ide tentang gambar batik yang ingin kita buat, maka terlebih dahulu membuat sket pada kertas dengan pensil. Setelah kita yakini maka buat sketsa di atas kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com