Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2016 adalah...

Kompas.com - 25/10/2016, 19:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com — Situs The Guide To Sleeping in Airport baru-baru ini mengeluarkan daftar 10 bandara terbaik di dunia untuk tahun 2016. Kategori tersebut berdasarkan pengalaman wisatawan selama ada di bandara.

Adapun faktor-faktor yang menjadi penentu kategori bandara terbaik adalah kenyamanan (zona istirahat dan tempat duduk); pelayanan, fasilitas, dan hal-hal yang bisa dilakukan di bandara; pilihan makanan; imigrasi/keamanan; pelayanan pelanggan; serta kebersihan.

Dilansir dari situs tersebut, bandara terbaik adalah yang membuat orang-orang terpesona dan senang.

Dari hasil survei itu, penumpang yang transit di Bandara Changi, Singapura, justru ingin singgah sedikit lebih lama agar dapat melihat Teater IMAX, akuarium, hutan dalam ruangan, fasilitas spa, atau sesuatu yang mereka tak pikirkan sebelumnya bisa dilakukan di bandara.

Oleh karena itu, dalam hasil survei ini, bandara terbaik di dunia berdasarkan penilaian atas faktor-faktor tersebut adalah Bandara Changi, Singapura. Dalam dua dekade, Bandara Changi terus berkembang untuk melayani wisatawan yang bepergian lewat tempat tersebut.

Keunggulan Bandara Changi ada pada kemampuan mereka dalam menawarkan pengalaman unik, seperti mencelupkan kaki di fasilitas spa ikan, duduk di kursi pijat, bermain X-Box 360, menonton film gratis, serta menjelajahi pusat restoran dan toko-toko yang menjual produk berkualitas dengan harga normal. Ada pula layanan tur gratis ke pusat kota untuk penumpang yang transit di Bandara Changi.

"Saya singgah hampir delapan jam pada perjalanan kedua saya, dan saya merasa itu terlalu cepat berlalu. Saya berharap bisa melihat semua yang ada di Bandara Changi," kata seorang responden tentang Bandara Changi, seperti dikutip CNN Travel.

Sebelumnya, Bandara Changi juga dinobatkan Skytrax sebagai bandara terbaik di dunia tahun 2016 dalam penghargaan World Airport Awards. Penghargaan tersebut didasari pada hasil survei yang dilakukan terhadap 13,25 juta penumpang pesawat di seluruh dunia dengan latar belakang responden dari 106 negara.

Berikut adalah 10 bandara terbaik di dunia untuk tahun 2016 versi situs The Guide To Sleeping in Airport.

1. Bandara Internasional Changi (Singapura)
2. Bandara Internasional Incheon (Seoul, Korea Selatan)
3. Bandara Internasional Haneda (Tokyo, Jepang)
4. Bandara Internasional Taoyuan (Taipei, Taiwan)
5. Bandara Internasional Munich (Jerman)
6. Bandara Internasional Kansai (Osaka, Jepang)
7. Bandara Internasional Vancouver (Vancouver, Kanada)
8. Bandara Internasional Helsinki (Vantaa, Finlandia)
9. Bandara Internasional (Tallinn, Estonia)
10. Bandara Internasional Zurich Kloten (Zurich, Swiss)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com