Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Wonderful Indonesia" Menangi Best Destination Marketing Award 2016

Kompas.com - 27/10/2016, 17:09 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Logo promosi dan slogan "Wonderful Indonesia" yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata berpengaruh cukup besar terhadap meningkatnya aspek pariwisata di Indonesia. Buktinya, "Wonderful Indonesia" menang atas The Best Destination Marketing 2016 yang diberikan Travel Weekly Asia.

Penghargaan ini digelar pada 17 Oktober 2016 di Mandarin Orchard Singapura. Penghargaan diberikan langsung oleh President Northstar Travel Group, Robert G Sullivan, kepada Assistant Deputy for International Marketing ASEAN Region dari Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani Mustafa, sebagai perwakilan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya.

(Baca: Wonderful Indonesia "Mejeng" di Times Square New York)

"Terima kasih Travel Weekly Asia, ini sungguh menjadi suatu pencapaian. Wonderful Indonesia mendapatkan apresiasi yang baik di seluruh dunia. Ini membuktikan bahwa Indonesia punya destinasi yang eksotis dan pantas dijual," tutur Rizki seperti dikutip situs resmi pariwisata Indonesia, indonesia.travel, Kamis (27/10/2016). 

Slogan "Wonderful Indonesia" menang karena mendapatkan respons yang positif dari pembaca Travel Weekly Asia. Menpar Arief Yahya gencar memberikan strategi promosi, termasuk Branding-Advertising-Selling (BAS) yang diimplementasikan pada 2015-2016.

Strategi tersebut rupanya berbuah manis. Data World Economic Forum (WEF) menunjukkan, Indonesia kini berada di peringkat ke-47 dalam Travel and Tourism Competitiveness Index. Padahal sebelumnya, Indonesia tidak masuk sama sekali dalam peringkat yang ditempati oleh 144 negara.

Strategi promosi lainnya yang digencarkan Arief Yahya adalah Attraction, Accesibility, Amenity (3A). Ada 10 destinasi utama yang dipromosikan untuk menggaet 20 juta wisatawan pada 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com