Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melbourne Hadirkan Jaringan WiFi Gratis Terluas dan Tercepat

Kompas.com - 29/10/2016, 06:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - WiFi gratis tentu sangat diincar wisatawan, apalagi bila WiFi tersebut ada di ruang publik. Pada 29 September 2016, Negara Bagian Victoria di Australia telah meluncurkan jaringan WiFi gratis terbesar dan tercepat, yakni di kawasan Central Business District (CBD) Kota Melbourne.

Kini, para pengunjung bisa menggunakan layanan VicFreeWiFi di seluruh stasiun kereta di kawasan CBD Kota Melbourne. VicFreeWiFi juga tersedia di Bourke St Mall, Pasar Queen Victoria, South Wharf Promenade dan Melbourne Convention and Exhibition Centre. Bulan depan, rencananya VicFreeWiFi akan merambah lebih banyak ruang publik.

Uji coba akses WiFi gratis telah dilakukan di beberapa kota di Victoria, antara lain Bendigo dan Ballarat. Begitu jaringan di Melbourne rampung, layanan VicFreeWiFi akan menjadi jaringan WiFi gratis terbesar untuk publik dari layanan sejenis yang ada di Australia.

Mengutip rilis dari Visit Melbourne, Jumat (28/10/2016), wilayah cakupan VicFreeWiFi mencapai 600.000 meter persegi. Proyek ini dikelola oleh perusahaan telekomunikasi TPG.

"Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa Victoria berada pada posisi terdepan dalam hal inovasi dan teknologi," tutur Menteri Usaha Kecil, Inovasi dan Perdagangan Negara Bagian Victoria, Philip Dalidakis.

Wisatawan bisa mengakses lebih dari 250 MB per alat, per hari, tanpa harus melakukan login dan tanpa fitur iklan pop up. Kualitas jariingannya disebut-sebut kelas dunia, setara dengan jaringan WiFi yang ada di New York, London, dan San Francisco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com