Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Langka Danau Kaolin, Spot "Selfie" Cantik di Bangka

Kompas.com - 31/10/2016, 16:17 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Sebuah fenomena alam langka dan unik dalam bentuk kolam air beraneka warna bisa Anda temukan di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Danau Kaolin, begitu masyarakat setempat menyebutnya. Danau ini merupakan galian bekas tambang yang setelah bertahun-tahun ditinggalkan dan akhirnya membentuk kolam air beraneka warna.

(Baca juga: Geliat Kerenyahan Getas dan Ampiang Khas Bangka Belitung)

Lokasi Danau Kaolin berjarak lebih kurang 70 kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Warna air yang mencolok dari Danau Kaolin terlihat begitu jelas saat tertimpa terik matahari. Terdapat sebanyak dua kolam danau yang masing-masing seukuran lapangan bola memiliki warna berbeda, yakni warna biru dan warna hijau.

Danau Kaolin di lahan bekas tambang timah di Desa Nibung Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung
Awalnya penasaran banyak foto di media sosial. Setelah didatangi memang bagus, tapi ya buat berfoto-foto saja,” ujar Eka R pengunjung asal Jakarta, Minggu (30/10/2016).

Dugaan radiasi

Konon warna dari air kolam terbentuk dari paparan radiasi logam radioaktif hasil galian tambang. Pemerintah daerah bahkan telah memberi imbauan agar pengunjung tidak mandi atau menggunakan air dari Danau Kaolin. Kuat dugaan radiasi bekas tambang, mengandung racun yang bisa membahayakan kesehatan.

Namun begitu, daya tarik Danau Kaolin tetaplah tinggi. Terbukti para pengunjung dari berbagai daerah kerap datang untuk menyaksikan langsung keindahan alam langka tersebut.

Danau Kaolin di lahan bekas tambang timah di Desa Nibung Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung
Para pengunjung pun bisa masuk kawasan Danau Kaolin tanpa dipungut biaya. Di Danau Kaolin pengunjung bisa berfoto sepuasnya atau sekadar bersantai menikmati pemandangan danau dan gugusan bekas galian tambang di sekitarnya.

(Baca juga: Pantai Rambak, Primadona Baru Wisatawan di Pulau Bangka)

Di sekitar Danau Kaolin terdapat pondok-pondok yang menjual makanan dan minuman. Jadi sembari melepas penat anda bisa bersantai dan mencicipi minuman segar seperti buah kelapa.

Saat berada di Danau Kaolin para pengunjung disarankan untuk selalu berhati-hati karena tanah bekas galian tambang yang rapuh dikhawatirkan mudah terjadi longsoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com