Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Raya Indonesia yang Ramah Anak

Kompas.com - 02/11/2016, 15:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

BANTEN, KOMPAS.com - Seorang bapak menggendong anaknya sembari menunjuk kuda poni, domba, juga kelinci. "Itu lihat dek, dombanya sedang menyusui," kata sang bapak pada anaknya yang masih batita.

Pemandangan tersebut agaknya mudah dijumpai di perkebunan atau pedesaan. Namun momen ayah-anak kali ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Banten, tepatnya saat acara Pekan Raya Indonesia (PRI).

Ya, PRI menggandeng beberapa industri kreatif untuk mengadakan aktivitas seru bagi anak. Contohnya Sheriff Ranch yang merupakan kebun binatang mini. Ada pula arena paint ball yang dapat dijajal oleh anak usia minimal delapan tahun. Ada juga arena sepeda, go kart, becak mini, Conjuring House atau wahana rumah hantu, sampai wahana rumah salju. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Arena bermain anak di Pekan Raya Indonesia.

Aktivitas ini menjadi pilihan bagi orang tua untuk dapat membawa anak berwisata namun tak terlalu jauh dari ibu kota. Sementara anak bermain, sang ibu dan bapak juga dapat mengincar barang-barang diskon atau menjajal makanan kuliner legendaris di PRI.

KompasTravel cukup terkejut ketika berkeliling PRI yang terdiri dari 10 hall, Selasa (1/11/2016). Ternyata, tempat bermain untuk anak bukan hanya di hall sembilan. Di hall tiga juga terdapat arena bermain anak, persis di sebelah hall 3A yang menjual elektronik dan otomotif. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Arena bermain anak di Pekan Raya Indonesia.

Ketika para ibu belanja pakaian dan peralatan rumah tangga di hall tujuh, bapak dapat membawa anak bermain di arena bermain yang terdapat hall sembilan. Begitu juga saat para bapak belanja barang-barang otomotif.

Pertimbangan denah lokasi yang matang dari penyelenggara PRI memang patut diacungi jempol, karena berhasil menempatkan dan menyediakan beberapa arena bermain anak. Tak lupa ruangan nursery atau ruang khusus memberi ASI dan mengganti popok anak. Ketika anak senang, ibu dan bapak pasti tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com