Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Ada Demo 4 November, Alihkan Wisata Anda ke Bogor

Kompas.com - 04/11/2016, 13:25 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demo 4 November di Jakarta diprediksi akan menimbulkan kemacetan lalu lintas. Ribuan massa pendemo terpantau telah memadati beberapa titik seperti kawasan Istana Merdeka.

Nah, jika tak ingin terkena kemacetan, berlibur ke Bogor bisa jadi pilihan. Berikut KompasTravel himpun 5 tempat wisata yang bisa dikunjungi di Bogor.

1. Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Di sini, wisatawan bisa melihat rumah tinggal ketua adat yang disebut Imah Gede.

(BACA: Menpar Berharap Unjuk Rasa 4 November Tak Ganggu Pariwisata)

Anda juga bisa berkeliling dan melihat leuit alias rumah penyimpanan padi. Ada pula penginapan untuk tamu terhormat, atau disebut Bale Pesanggrahan.

Melepas penat sejenak dari hiruk pikuk demonstrasi, di sana Anda bisa menyesap kearifan lokal masyarakat Sunda.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan berada di depan kompleks pemakaman Belanda yang ada di dalam Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/12/2015). Makam Belanda di Kebun Raya Bogor adalah salah satu obyek wisata yang dikunjungi pada acara Media Trip Ezytravel.co.id "Jalan-Jalan Bogor Seru" 15-16 Desember 2015.
2. Makam Belanda di Kebun Raya Bogor

Di Kebun Raya Bogor, ada satu tempat bersejarah yang bisa dikunjungi. Anda bisa melihat kompleks pemakaman bergaya Belanda di Kebun Raya Bogor.

Area pemakaman Belanda tua ini terletak di dekat Gedung LIPI dan berada di dalam komplek Kebun Raya Bogor. Di sana merupakan tempat pemakaman keluarga dekat Gubernur Jenderal Hindia Belanda misalnya D.J. de Eerens, Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang menjabat tahun 1836-1840.

(BACA: Makam Belanda Ini Terkesan Seram, Padahal Penghuninya Bukan Orang Sembarangan)

Wahyu Adityo Prodjo Patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia yang ada di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat, Bogor, Jawa Barat.
3. Patung Buddha Tidur

Di tengah kemacetan Jakarta, Anda bisa berwisata melihat patung Buddha tidur seperti di Thailand. Anda bisa mengunjungi Wihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat. Wihara itu beralamat di Kampung Jati RT002/06 Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Anda bisa melihat patung "Sleeping Buddha" berukuran sepanjang 18 meter dan setinggi 5 meter. Patung Buddha ini berada di bawah lindungan atap salah satu bangunan wihara.

Di sisi kiri dan kanan Buddha Tidur, miniatur Buddha duduk berjajar di dalam lemari kaca. Patung ini dimulai dibangun pada tahun 2010 dan diresmikan oleh Djoko Wuryanto selaku Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Agama Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia pada tahun 2012.

(BACA: Berkunjung ke Wihara Sleeping Buddha Bogor? Perhatikan Hal Ini...)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com