Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Wasabi dan Shoyu Sebaiknya Tidak Dicampur

Kompas.com - 07/11/2016, 19:39 WIB

KOMPAS.com - Sashimi atau irisan tipis ikan segar yang mentah, merupakan makanan Jepang yang begitu populer. Di Indonesia, sashimi juga begitu digemari.

Biasanya penikmat sashimi, punya kebiasaan mencampur wasabi dengan kecap Jepang (shoyu). Kemudian ikan dicocol di campuran tersebut.

Seperti dikutip dari Rocketnews24, ternyata kebiasaan ini salah. Aturan makan sashimi malah menganjurkan agar tidak mencampur wasabi dengan shoyu.

Jika wasabi dan shoyu dicampur, hal ini dipandang hanya akan menghancurkan rasa dari shoyu. Selain itu, aroma wasabi juga bisa hilang. Pada akhirnya mencampur kedua bahan ini hanya membuat aroma dan rasa kedua bahan tersebut jadi berkurang.

(Baca juga: Wasabi yang Anda Makan Selama Ini Mungkin Bukan Asli)

Selain itu, campuran wasabi dan shoyu tidak tampak cantik. Jadi bagaimana cara menggunakan wasabi dan shoyu?

Taruh sejumput wasabi di satu sashimi yang akan Anda makan. Lalu cocol sisi lainnya ke shoyu. Hal ini akan menghasilkan sashimi dengan rasa tegas dari kedua "saus" tersebut. Rasanya pun menjadi seimbang antara kesegaran sashimi, pedas wasabi, dan asinnya shoyu.

Tips lainnya saat makan sashimi adalah makan mulai dari ikan berwarna terang baru ke yang paling gelap. Ada pandangan bahwa semakin gelap warna daging ikan tersebut, rasanya semakin kuat.

Sehingga jika Anda makan mulai dari warna terang ke yang gelap, Anda tidak perlu khawatir rasa ikan sebelumnya akan mengalahkan rasa ikan selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com