Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ciri Utama "Millennial Traveler" Indonesia

Kompas.com - 09/11/2016, 10:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi Y atau akrab disapa milenial saat ini sedang berusia produktif. Tak heran generasi milenial adalah generasi yang paling aktif menjelajah destinasi wisata saat ini. Uniknya wisatawan milenial atau millennial traveler ternyata punya katakter khusus saat bertualang.

"Pertama millennial traveler sangat mementingkan autentik dari destinasi itu. Mereka mau eksplor daerah yang mereka belum tahu, hanya dengar dari teman-teman dan orang-orang sudah heboh," kata Country Director of Agoda International Indonesia, Gede Gunawan di acara peluncuran kampanye #agodabasecampdi Restoran Three Buns, Jakarta, Selasa (8/11/2016).

(BACA: Generasi Milenial, Pasar Potensial Industri Pariwisata)

Ciri kedua, menurut Gunawan, millennial traveler memiliki jiwa nasionalis yang tinggi.  "Mereka ingin tahu budaya Indonesia dan tempat-tempat lain. Mencari yang unik dari suatu lokasi," katanya.

Terakhir, lewat survei yang diselenggarakan oleh lembaga survei yang bekerja sama dengan Agoda kepada wisatawan milenial Indonesia, Gunawan mengatakan, "Generasi milenial mau eksplor lebih dalam, lebih jauh. Sesuatu yang mereka tidak pernah alami. Hotel bukan dipesan sebagai tempat tidur, melainkan tempat memulai perjalanan mereka. Di Agoda kami menamakannya sebagai basecamp".

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.
Untuk menyasar wisatawan milenial, Agoda tak mau ketinggalan meluncurkan kampanye #agodabasecamp, lewat fitur baru ''Check In, Step out' yakni memberikan infromasi kepada pengguna aplikasi mobile seputar kuliner, hiburan, jalan-jalan dan belanja di sekitar akomodasi menginap. 

Selain itu Agoda juga meluncurkan game interaktif dengan hadiah diskon spesial sampai 15 persen potongan pembayaran akomodasi, merayakan momen akhir tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com