Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelajah Rasa di Kampung Dunia

Kompas.com - 10/11/2016, 08:41 WIB

MENCICIPI menu di Restoran Agung, Club Med Bali, tak sekadar meraup sensasi inderawi tentang rasa. Restoran menjelma sebentuk gelanggang pembauran antartamu dari sejumlah negara dan latar belakang budaya.

Siang itu kami duduk bertiga mengitari meja di Restoran Agung, restoran utama milik Resor Club Med, Bali, awal September lalu. Satu kursi kosong ada di antara kami, menunggu salah satu rekan yang segera datang.

Tiba-tiba muncul seorang pria berusia 25-an tahun mendekati dan meminta izin untuk duduk bergabung. Dengan santun, kami bilang kursi itu sudah ada yang akan menempati. Dengan santun pula dia mengatakan tidak masalah. Lalu dia duduk di kursi lain.

Belakangan, saya menemui peristiwa serupa beberapa kali. Meeting and Events Manager Club Med Bali Jerry Tanan menjelaskan, itu bagian dari cara tamu dan staf Club Med membaur. ”Mereka itu GO kami,” ujarnya. GO atau Gentil Organisateur adalah sebutan untuk staf Club Med.

(BACA: Restoran dari Singapura Ini Hadir di Jakarta)

Restoran Agung memang terasa lebih bersahabat. Jika pramusaji atau koki menebar senyum, itu sih biasa, di restoran lain juga demikian. Namun, ini para tamu yang bahkan baru pertama kali bertemu menebar senyum dan menyapa ramah.

Lebih-lebih para pramusaji atau koki. Mereka akan menjelaskan secara detail setiap pertanyaan tentang menu masakan. Juga melayani dengan tak lupa tersenyum ramah. Keramahan seolah menjadi bumbu dasar dari setiap menu masakan restoran.

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Salad udang dan panzanella di Restoran Agung, Club Med Bali.
”Mas suka fotografi, ya? Saya juga suka fotografi. Tapi biasanya motret makanan. Food photography,” sapa seorang koki saat melihat saya sibuk memotret makanan. Dia kemudian mengajak bertukar info akun Instagram. Itu secuil gambaran keramahan tadi.

(BACA: Sukses dengan Kepiting)

Selain Restoran Agung, Club Med Bali juga punya The Deck, restoran yang dikhususkan untuk late breakfast, late lunch, dan late dinner. Semua tempat itu bagi mereka yang telat makan.

Menu antarnegara

Restoran Agung menyediakan beragam menu. Di restoran yang melayani tamu dari 393 kamar di Club Med ini terdapat Asian Corner yang menyuguhkan beragam makanan dari Korea, Malaysia, Jepang, dan tentu saja Indonesia. Juga ada tempat khusus untuk makanan Perancis, Italia, dan negara-negara lain.

Untuk menu Indonesia, yang banyak diburu tamu antara lain nasi goreng, gado-gado, mi goreng, dan soto ayam. Agung juga menyediakan rendang dan nasi kuning. Untuk kudapan, dadar gulung termasuk yang paling diburu.

”Kami ke sini bukan hanya menikmati matahari, makanan seperti ini tentu tantangan rasa bagi kami,” kata seorang tamu dari Perancis sembari membawa sepiring gado-gado.

Saya sendiri menjelajah rasa dengan mencoba beragam masakan, mulai dari Korea, Jepang, sampai Italia. Tidak ada yang tak mengundang selera, terutama masakan berbahan dasar ikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com