Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Belajar tentang Jamu? Catat Ragam Acara Festival Jamu 2016

Kompas.com - 12/11/2016, 09:41 WIB
Muhammad Irzal Adikurnia

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak industri jamu kembali mengadakan Festival Jamu di 2016. Dalam festival yang telah lima kali diselenggarakan tersebut, wisatawan tak hanya dimanjakan oleh ratusan jenis jamu dengan khasiatnya dari berbagai daerah.

Menghadirkan lebih dari 50 penggiat industri jamu, wisatawan dapat menjelajahi dunia jamu. Penyelenggara memfasilitasi talkshow, konsultasi, pengajaran, hingga datang langsung ke desa sentra industri jamu di Kabupaten Sukoarjo.

Festival Jamu tahun ini memang diselenggarakan di Sukoharjo yang terkenal dengan sentra industri jamu. Ratusan jenis jamu dapat ditemukan dan dicoba di masing-masing stan dari tiap daerah di Jawa Tengah.

“Tahun ini kita semakin ingin mengembangkan jamu dan mendekatkannya dengan masyarakat. Tak hanya pahitnya saja, kini jamu juga terkenal sebagai terapi, bahkan kecantikan. Semuanya dapat dinikmati di sini (Festival Jamu 2016),” ujar Prasetyo Ariwibowo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, kepada KompasTravel di acara tersebut, Jumat (11/11/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Stand daerah Wonogiri yang memamerkan berbagai jenis jamunya dalam Festival Jamu 2016.
Selain pameran jamu, herbal dan tanaman obat, terdapat juga demo pembuatan jamu di berbagai stan. Berbagai jenis jamu dari daerah-daerahnya dapat dilihat cara pembuatannya. Wisatawan pun dapat mengikuti famtrip ke sentra, pasar, dan desa wisata Jamu di Sukoharjo.

Penyelenggara menyediakan pojok konsultasi yang dapat dimanfaatkan untuk menggali pengetahuan tentang jamu. Anda dapat berkonsultasi seputar penyembuhan penyakit dengan jamu, hingga konsultasi industri jamu.

Salah satu yang berbeda dengan tahun kemarin ialah, festival kali ini dipadukan dengan kuliner tradisional. Bahkan salah satu rangkaian acaranya terdapat Festival Cabuk Rambak, kerupuk kulit yang tersohor salah satunya dari Jawa Tengah.

Tidak ketinggalan hiburan-hiburan dari pagelaran seni budaya daerah turut meramaikan panggung besar Festival Jamu dan Kuliner 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com