Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingkah Mengisi Kolom Ulasan Suatu Hotel?

Kompas.com - 12/11/2016, 18:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS - Permohonan ulasan atau kolom review umumnya diberikan kepada tamu yang telah menyelesaikan masa inapnya di suatu akomodasi. Saat memesan akomodasi di aplikasi atau situs pemesanan akomodasi, permintaan ulasan yang dikirim lewat surat elektronik juga pasti ada.

Namun tak sedikit orang yang melewatkan kolom ulasan tempat menginap ini. Sebenarnya, seberapa penting ulasan Anda bagi sebuah akomodasi?

"Review sangat penting karena unik buat Agoda, hanya boleh ditulis oleh customer yang stay di hotel dan bayar di hotel itu. Jadi sangat valid dan bermanfaat buat hotel dan customer," kata Country Director of Agoda International Indonesia, Gede Gunawan, saat acara peluncuran kampanye #agodabasecamp di Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Gunawan mengatakan ulasan yang biasanya memuat kebersihan, pelayanan hotel, kondisi ruang, dan lokasi, bermanfaat bagi kedua pihak, baik penyedia akomodasi dan peminat akomodasi.

Dok. Padma Resort Ubud Kolam renang di Padma Resort Ubud
"Buat customer penting untuk melihat review. Sebelum book, mereka akan merasa nyaman dan tak merasa dibohongi, apalagi bagi generasi milenial saat ini," kata Gunawan yang telah berpengalaman di dunia perhotelan selama lebih dari 20 tahun.

Sedangkan untuk pihak penyedia akomodasi, menurut Gunawan, dapat belajar dari ulasan yang diberikan oleh para tamunya.

Di Agoda sendiri, sejauh ini ada tujuh juta ulasan mengenai akomodasi yang telah ditulis, dari jumlah 18 juta member Agoda di seluruh dunia. Jadi, ulasan Anda tentang sebuah akomodasi, sebenarnya bermanfaat bagi banyak orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com