Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Keuntungan Punya E-Paspor?

Kompas.com - 20/11/2016, 08:21 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia mulai memberlakukan e-paspor (paspor elektronik) pada 2013 lalu. Hal yang paling membedakan antara kedua paspor tersebut adalah chip yang terdapat pada e-paspor.

"Data di e-paspor itu lebih lengkap dibanding paspor biasa. Kalau paspor biasa kan datanya hanya data pemegang saja. E-paspor datanya lengkap dan akurat seperti data biometrik," tutur Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Heru Santoso kepada KompasTravel beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA: Membuat E-Paspor, Proses 10 Menit, Antre 2 Jam

Data biometrik ini sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) dan telah digunakan dalam paspor baru beberapa negara lainnya seperti Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia, dan lain-lain.

Sedikitnya ada empat keuntungan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) memiliki e-paspor. Dihimpun KompasTravel, Sabtu (19/11/2016), berikut daftarnya.

1. Data lebih lengkap

Sesuai pernyataan Heru Santoso yang dipaparkan sebelumnya, e-paspor memiliki data yang lebih lengkap dan akurat. Data biometrik ini mencakup sidik jari, juga bentuk wajah pemegang paspor yang bisa dikenali lewat pemindaian. 

2. Susah dipalsukan

E-paspor memiliki chip yang tertanam di dalamnya. Chip tersebut membuat paspor sangat sulit dipalsukan, sehingga terjamin keamanannya dibandingkan pemegang paspor non-elektronik. 

3. Autogate

Khusus warga Jakarta dan Bali, pemegang e-paspor tidak perlu lagi mengantre di pintu pemeriksaan imigrasi. Anda bisa langsung menuju autogate untuk memindai e-paspor sebelum masuk ke boarding gate. Hal ini tentu mempersingkat waktu antrean di bandara.

4. Lebih mudah mendapatkan penyetujuan visa kunjungan 

Pemegang e-paspor memiliki kesempatan untuk lebih mudah mendapatkan penyetujuan visa kunjungan. Hal ini disebabkan pemegang e-paspor akurat dan valid serta dapat dengan mudah diverifikasi oleh kedutaan negara yang didatangi.

5. Bebas visa Jepang

"Untuk penggunaan, e-paspor memiliki keuntungan seperti dalam kunjungan wisata. Pemilik e-paspor bisa berkunjung ke negara Jepang tanpa visa," tutur Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com