Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tempat Berfoto dengan Latar Gunung Tertinggi di Pulau Kalimantan

Kompas.com - 28/11/2016, 14:32 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KUNDASANG, KOMPAS.com – Bila pergi liburan ke Sabah tepatnya di daerah Kundasang, Ranau jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang Gunung Kinabalu. Ada beragam tempat untuk berfoto dengan latar gunung tertinggi di Pulau Kalimantan itu.

KompasTravel sempat mencoba berfoto dengan latar belakang Gunung Kinabalu dalam rangka program “Sabah Familiarization Trip” atas undangan Sabah Tourism Board beberapa waktu lalu. Mulai dari tanah lapang dekat Pasar Kundasang hingga di area Kinabalu Park.

Pemandu wisata “Sabah Familiarization Trip” Bobby Wesley mengatakan, tanah lapang di dekat Pasar Kundasang adalah salah satu tempat berfoto favorit bagi wisatawan. Selain itu, juga tempat-tempat lain di kaki gunung dengan ketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

(Baca juga: Bermalam di Salah Satu Penginapan Tertinggi se-Asia Tenggara)

Berikut beberapa tempat berfoto dengan latar belakang Gunung Kinabalu seperti KompasTravel himpun setelah perjalanan “Sabah Familiarization Trip” beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berfoto dengan latar belakang Gunung Kinabalu di dekat Pasar Kundasang tepatnya area tanah lapang dekat Bundaran Tugu Sayur Kol, Ranau, Sabah, Malaysia, Senin (21/11/2016). Gunung Kinabalu sendiri berstatus sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan yakni berketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl).
1. Dekat Pasar Kundasang

Tempat ini berada dekat Pasar Kundasang tepatnya di area tanah lapang. Patokan termudah adalah sebuah bundaran yang memiliki tugu sayur kol di persimpangan Jalan Sinisian dan Jalan Kundasang Kauluan.

Di sana, Anda bisa memarkirkan mobil di area parkir sembari berfoto. Pemandangan yang bisa terlihat tentunya Gunung Kinabalu lengkap dengan punggung gunung dan puncak-puncak gunung yang berjajar.

2. Desa Cattle Farm

Desa Cattle Farm berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Kinabalu. Desa Cattle Farm berlokasi di sisi timur Kota Kinabalu.

Di Desa Cattle Farm, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang Kinabalu. Di tempat ini, obyek foto yang juga bisa masuk ke dalam foto adalah peternakan sapi-sapi di kaki Gunung Kinabalu.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Salah satu tempat berfoto di Desa Cattle Farm dengan latar belakang Gunung Kinabalu, Kundasang, Ranau, Sabah, Malaysia, Senin (21/11/2016). Gunung Kinabalu sendiri berstatus sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan yakni berketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl).
3. Di Kinabalu Park

Tempat lain untuk berfoto dengan latar belakang Gunung Kinabalu adalah di dekat area parkir Kinabalu Park. Kinabalu Park adalah titik awal registrasi untuk pendakian Gunung Kinabalu.

Anda bisa berfoto di sebuah pelataran yang terbuat dari kayu lengkap dengan pengaman berupa pagar. Gurat-gurat Gunung Kinabalu dan bekas-bekas gempa tahun 2015 lalu juga bisa terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com