Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memanjakan Mata di Lekukan Bukit Nona

Kompas.com - 30/11/2016, 06:05 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Perjalanan darat dari Makassar ke Tana Toraja di Sulawesi Selatan memakan waktu sekitar 7 jam. Untuk melepas penat, singgahlah di Bukit Nona yang menawarkan panorama indah.

Lokasi Bukit Nona yang berada di tengah-tengah perjalanan, yaitu antara Kota Enrekang menuju Tana Toraja, sekitar 5 jam dari Makassar, menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat, ke toilet, atau mengisi perut dengan jajanan lokal.

Merupakan deretan perbukitan hijau yang berlekuk-lekuk, Bukit Nona atau warga lokal menyebutnya Buttu Kabobong berarti sesuatu yang seharusnya disembunyikan. Ini karena sebagian orang mengasosiasikan lekukan di bukit itu mirip dengan alat kelamin wanita.

Keindahan perbukitan di sepanjang jalan trans Sulawesi ini memang sayang jika diabaikan. Bukit Nona bisa menjadi lokasi yang pas untuk menikmati hamparan bukit yang melalui proses ribuan tahun terangkat dari dasar laut akibat tumbukan lempeng benua ini.

Kompas.com/Lusia Kus Anna Para pelancong yang berisitrahat di warung-warung di Bukit Nona, Enrekang, Sulawesi Selatan.
Di sisi jalan sepanjang Bukit Nona ini terdapat warung-warung kecil dan beberapa penginapan bagi pelancong yang ingin bermalam.

Warung-warung itu menyediakan minuman hangat, es, mi instan, dan juga camilan lokal seperti dangke. Anda juga bisa membeli buah-buahan segar, terutama pepaya dan salak yang dipetik dari kebun di kampung sekitar.

Sebagian pengunjung juga tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berswa foto dengan latar belakang lekukan Bukit Nona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com