Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Hotel di Arab Saudi Incar Turis Indonesia

Kompas.com - 30/11/2016, 10:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator hotel di Asia Pasifik, AccorHotel, mengincar wisatawan Indonesia sebagai pasar hotel-hotel mereka yang berada di Arab Saudi. Pasalnya, jumlah kunjungan wisatawan Indonesia terus berkembang di Arab Saudi khususnya Mekkah dan Madinah.

Vice President Operations Accorhotels Kingdom of Saudi Arabia & Egypt, Salah Oumudden mengatakan pasar jemaah haji asal Indonesia di Mekkah dan Madinah mencapai sekitar 20 persen dari total jemaah seluruh dunia yang berkunjung setiap tahunnya.

"Dan Accor sendiri merepresentasikan pasar Indonesia hingga 20 persen dari pasar jemaah haji di Mekkah," kata Salah saat berbincang dengan KompasTravel di sela-sela acara table top bersama travel agent Indonesia di Jakarta, Selasa (29/11/2016).

BACA JUGA: Penting, Ikuti Tips Ini Sebelum Umrah dan Haji

Salah mengatakan, bagi AccorHotels, pasar Indonesia sangat strategis. "Karena Indonesia adalah salah satu negara Muslim terbesar di dunia. Kedua, (turis) Indonesia itu ingin semua jenis hotel mulai dari budget sampai luxury hotel," tambahnya.

Salah mengatakan, AccorHotels memiliki aneka merek hotel yang sesuai dengan kapasitas daya beli jemaah haji dan umrah asal Indonesia. Adapun merek hotel yang dioperasikan oleh AccorHotels seperti Mercure, Grand Mercure, Novotel, Pullman, dan Fairmont.

Pada acara table top di Jakarta, Salah hadir bersama General Manager Hotel Pullman Zamzam  Madinah, Ashraf Madkour dan General Manager Pullman Zamzam Makkah, Hamid Sidine serta perwakilan Grand Mercure Madinah dan AccorHotels Saudi Arabia. Mereka bertemu dengan sekitar 30 perwakilan travel agent Indonesia terkemuka yang biasa membawa jemaah haji atau umroh.

"Kami tak bekerja sama dengan operator mana pun pada awalnya, karena tak memiliki waktu yang banyak setelah opening. Sekarang hotel Pullman Zamzam Madinah sudah buka, kami mulai kerja sama dengan travel agent Indonesia," tambah Salah.

Merek terbaru di bawah jaringan AccorHotels di Madinah adalah Pullman Zamzam Madinah yang baru dibuka pada Februari tahun ini. Tahun ini akan menyusul merek Ibis Style di Mekkah pada pertengahan Desember 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com