Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Penting Sinergi Antar-Lembaga

Kompas.com - 06/12/2016, 19:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya menekankan pentingnya sinergi antar-lembaga pemerintahan untuk pembangunan pariwisata Indonesia.

Hal itu diungkapkan Arief dalam dalam sambutan Rapat Koordinasi Nasional IV Kementerian Pariwisata 2016 di Jakarta, Selasa (7/12/2016). "Bangsa ini hanya akan bisa memenangkan persaingan kalau ini bersatu," kata Arief.

Ia menyebut demikian karena pariwisata sebagai penghasil pendapatan domestik bruto (PDB), devisa, dan tenaga kerja yang paling mudah dan paling murah.

Arief juga menyebut sinergi antar-lembaga bisa meningkatkan kemampuan dan jangkauan untuk mengembangkan pariwisata.

Lembaga lintas pemerintah pusat, daerah, dan industri, Menpar mengharapkan agar tetap fokus. Salah satunya tentang daerah terkait fokus pengembangan.

"Tugas bupati, presiden itu menetapkan core business ekonominya. Kalau salah menetapkan pasti salah alokasi sumber daya manusianya," katanya.

Rakornas IV Kementerian Pariwisata 2016 bertema "Indonesia Corporated". Lembaga-lembaga yang hadir seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Pembangunan Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Garuda Indonesia, AirAsia, kalangan industri, dan asosiasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com