Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Takut Sinyal Internet Hilang di Sabah, Coba Cara Ini...

Kompas.com - 07/12/2016, 06:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KINABALU, KOMPAS.com - Saat berlibur, internet jadi salah satu kebutuhan penting wisatawan. Tentu internet berguna untuk menghubungi keluarga via aplikasi pesan instan, menggunggah foto liburan atau bahkan memeriksa surat elektronik yang masuk.

Jika berlibur ke Sabah, Malaysia jangan takut untuk kehilangan akses internet. Anda bisa mengakses internet lewat WiFi yang tersedia di beberapa tempat seperti restoran, hotel, atau bandara.

WiFi di hotel bisa diakses secara gratis maupun berbayar. Pemandu wisata dalam program "Familiarization Trip Sabah", Bobby Wesley, tarif WiFi berbayar pada hotel-hotel di Sabah mulai 10 ringgit Malaysia (RM) per hari.

KompasTravel sempat mencoba koneksi WiFi di beberapa tempat seperti hotel, restoran, bahkan tempat di ujung utara Sabah yakni Simpang Mangayau. WiFi yang tersedia cukup untuk melakukan panggilan telepon via aplikasi pesan instan seperti Whatsapp dan Line.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki-pendaki asal Indonesia berfoto dengan latar belakang Gunung Kinabalu di area Kinabalu Park, Ranau, Sabah, Malaysia, Senin (21/11/2016). Gunung Kinabalu sendiri berstatus sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan yakni berketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Jika tak ingin ketergantungan dengan WiFi, Anda bisa membeli kartu telepon lokal yang menawarkan akses internet dengan jangkauan yang bervariasi. Provider telekomunikasi yang tersedia yakni Celcom. Digi, dan Maxxis.

Bobby mengatakan ketiga provider telekomunikasi di Sabah itu biasa digunakan oleh masyarakat Sabah. Ia menyebut kartu provider telekomunikasi tersebut bisa didapatkan di Bandara Kota Kinabalu, gerai-gerai telekomunikasi di kota, atau di minimarket-minimarket.

"Ada bermacam-macam paket yang ditawarkan. Ada paket internet harian, mingguan, atau bulanan. Tergantung kebutuhan," jelas Bobby kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Provider Celcom misalnya dijual dengan harga 40 RM. KompasTravel menggunakan provider Celcom selama perjalanan di Sabah, Malaysia.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana sekitar Jalan Gaya di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Jumat (18/11/2016). Jalan Gaya merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi turis termasuk dari Indonesia.
Harga 40 RM tersebut sudah termasuk paket data internet sebanyak 4 gigabyte (gb). Pembagian paket 4 gb tersebut yakni 2 gb kuota bebas, 1 gb masing-masing untuk mengakses Facebook dan Youtube dan berlaku selama satu bulan.

Untuk membeli kartu provider telekomunikasi lokal, Anda harus meregistrasikan data diri. Data-data yang dibutuhkan, kata Bobby, seperti nama, no paspor, serta data-data lain.

Jaringan provider Celcom bisa digunakan hingga puncak Gunung Kinabalu. Saat KompasTravel mendaki Gunung Kinabalu, jaringan 4G bisa ditemukan hingga puncak Gunung Kinabalu.

Anda tak perlu takut ketinggalan berita saat pergi liburan ke Sabah. Dengan akses WiFi atau kartu telepon setempat, Anda tetap bisa terkoneksi dengan dunia maya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com