Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan Ini Digelar Kontes Anjing Internasional di Semarang

Kompas.com - 07/12/2016, 19:16 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Kontes anjing bertaraf internasional hadir di Kota Semarang, Jawa Tengah akhir pekan ini, 10-11 Desember 2016. Kontes yang dikemas dengan nama ‘Semarang International Dog Show 2016’ diikuti ratusan peserta dari dalam dan luar negeri.

Sejumlah anjing ras akan diikutkan dalam beragam lomba yang digelar di UTC Unnes Semarang. Anjing ras khas Indonesia juga diikutkan yaitu Anjing Kintamani.

Menurut Sugiarto, ketua panitia Semarang International Dog Show 2016, kontes anjing diperuntukkan bagi seluruh anjing ras yang ada di dunia. Mereka ingin agar anjing ras yang selama ini ada bisa berkembang melalui kontes yang diadakan.

Untuk meningkatkan kemampuan, kontes anjing akan dilihat anatomi dari hewan itu mulai dari cara berjalan, gigi, bulu, fisik, termasuk juga kesehatan anjing ras itu sendiri. “Kami juga menyajikan kompetisi ketangkasan anjing atau agility,” kata Sugiarto.

Untuk menilai lomba, panitia mengundang juri dari berbagai negara seperti Australia, Swiss, Amerika Serikat, Thailand dan Indonesia.

Sejauh ini telah ada 275 peserta yang mendaftar untuk ikut dalam kontes tersebut. Pihak panitia menargetkan 300 peserta. Dari peserta yang mendaftar, ada juga yang dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Filipina.

Wisata

Ketua Persatuan Kinologi (Perkin) Jawa Tengah, Teguh Witanto mengatakan kontes bisa menjadi daya tarik tersendiri. Orang yang gemar memelihara anjing misalnya pasti akan datang melihat kontes yang diadakan.

“Ini akan memberikan edukasi anjing ras itu seperti apa. Kontes ini juga sekaligus menjadi salah satu wisata yang dibuat,” ujar Teguh.

Selain kontes, acara ini juga diramaikan dengan berbagai stan penjualan kebutuhan anjing serta pogram vaksin murah bekerja sama dengan dokter hewan di Kota Semarang.

Untuk pendaftaran peserta, panitia mematok Rp 600.000 untuk baby class, Rp 1 juta untuk anjing dewasa serta Rp 300.000 untuk kontes agility. Sementara untuk pengunjung yang melihat dikenakan biaya masuk Rp 10.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com