Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow... Ada Bakso Hamil dan Beranak di Banyuwangi

Kompas.com - 09/12/2016, 09:56 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika mengaku pecinta bakso, anda wajib menikmati bakso yang satu ini, yaitu bakso hamil dan bakso beranak yang tersedia di Bakso Andre Banyuwangi.

Bakso hamil berbeda dengan bakso pada umumnya karena ukurannya super jumbo bahkan beratnya bisa mencapai 2 kilogram dan bisa dinikmati oleh belasan orang sekaligus.

Eko Nur Andiyanto (20), pemilik warung Bakso Andre kepada KompasTravel, Kamis (8/12/2016) mengatakan ada 3 ukuran bakso hamil yang disediakan yaitu bakso hamil 3 bulan dengan berat setengah kilogram, bakso hamil 7 bulan dengan berat 1 kilogram dan bakso hamil 9 bulan dengan berat 2 kilogram.

"Saya menjamin jika bakso hamil yang kami sajikan 100 persen adalah daging sapi asli yang berkualitas dan pastinya matang di bagian dalam. Tidak usah khawatir," kata mahasiswa jurusan ekonomi manajemen tersebut.

Sebelum menjual bakso hamil di warungnya, Eko mengaku sejak tahun 2015 dia beberapa kali menerima pesanan bakso ukuran jumbo dari kerabat terdekat untuk pesta ulang tahun atau syukuran.

Saat itulah dia kemudian berpikir mengapa tidak menjual bakso ukuran jumbo tersebut di warung bakso yang sudah dirintis oleh orangtuanya sejak tahun 1994.

"Akhirnya terpikirlah untuk membuat bakso hamil yang harapannya adalah untuk menjaga kebersamaan antara keluarga, teman karena makannya bisa bareng-bareng," katanya.

Bakso Beranak

Sementara untuk bakso beranak, menurut Eko, idenya muncul setelah bakso hamil banyak yang memesan. Bakso beranak bentuknya sedikit lebih pipih dan jika akan dikonsumsi harus dibelah di bagian samping.

Di dalam bakso beranak ada tujuh bakso yang berukuran lebih kecil dan telur rebus di bagian tengahnya. "Kalau ini biasanya cukup dikonsumsi antara dua sampai 3 orang karena beratnya juga hampir setengah kilogram," jelas Eko.

Bakso Bareng

Namun masih ada satu varian lagi yang harus di coba yaitu bakso bareng yaitu bakar goreng. Dalam satu porsi bakso bareng ada bakso kuah, bakso goreng dan bakso bakar dengan sambal di atasnya.

Bakso bareng bisa dinikmati dengan nasi ataupun lontong. Porsinya cukup besar dan mengenyangkan.

Eko menjelaskan bakso hamil, bakso beranak dan bakso bareng hanya dijual di Bakso Andre cabang yang ada di Jalan dr Sutomo nomor 54 atau di di depan Kantor Pertanahan Nasional Banyuwangi.

Sementara untuk Bakso Andre pusat yang berada di Simpang Lima Banyuwangi tetap bertahan dengan menyajikan menu bakso yang dijual sejak tahun 1994.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com