Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burj Khalifa, Rekornya Tak Hanya Gedung Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 13/12/2016, 07:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - "Usahakan naik dan turun dari lift berbeda. Anda bisa merasakan dua rekor dunia yang berbeda," tutur petugas lift Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab.

Di depan saya ada tiga lift yang pada bagian pintunya menampilkan posisi lantai lift itu berada dan kecepatan lift. Dua lift langsung membawa pengunjung ke dek observatorium di lantai 124. Sementara satu lift lagi menuju ke lantai 125.

Ada banyak rekor dunia yang disandang gedung ini. Jadi, tak sekadar gedung tertinggi di dunia. Burj Khalifa memiliki tinggi lebih dari 828 meter. Jika dibandingkan dengan Monas ang merupakan ikon Kota Jakarta, maka Burj Khalifa sekitar enam kali lebih tinggi.

BACA JUGA: Blusukan di Pasar Dubai Demi Melihat Cincin Terbesar di Dunia

Namun, sebelum ke lantai tersebut, pengunjung harus siap mengantre sebanyak tiga kali. Pertama antrean di pintu masuk Burj Khalifa. Pintu masuknya bisa melalui Dubai Mall yang merupakan mal terbesar di dunia.

Walau bukan akhir pekan, antrean ternyata cukup mengular. Saat saya dan rombongan wartawan dari Indonesia dalam famtrip yang diadakan Emirates hendak menuju puncak Burj Khalifa, Selasa (22/11/2016), antrean pintu masuk meliuk-liuk sepanjang sekitar 200 meter.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk naik ke Burj Khalifa adalah memesan tiket masuk sebelumnya. Dalam tiket masuk akan tertera jam giliran untuk naik.

Setelah pengecekan barang bawaan, antrean kembali terjadi di pintu masuk menuju lift dan antrean terakhir adalah tepat di depan lift. Lift-lift ini memegang rekor dunia sebagai lift tercepat sekaligus terpanjang di dunia.

Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Antrean panjang di pintu masuk untuk turis menuju Burj Khalifa

Usai mengantre, kami pun naik lift menuju lantai 124. Dengan kecepatan per 10 meter per detik, lift mengantar saya ke lantai 124 hanya dalam waktu satu menit. Ini merupakan salah satu lift tercepat di dunia.

Uniknya, di dalam lift juga diatur permainan tata cahaya dan suara yang menjelaskan sejarah gedung itu, sehingga pengalaman naik lift pun begitu berkesan.

Sebenarnya, Burj Khalifa memiliki 57 lift. Lift di Burj Khalifa menyabet beberapa rekor dunia seperti lift dengan jarak perjalanan terpanjang di dunia dan lift servis tertinggi di dunia.

BACA JUGA: Ini Gedung Wajib Difoto Saat Liburan di Dubai

Sementara itu, lift yang digunakan turis ke area observatorium adalah lift model double-decker. Ini merupakan lift double-decker tercepat di dunia.

Sampai di lantai 124, pengunjung diarahkan ke luar ruangan. Sebuah observatorium melingkar 360 derajat. Ini adalah observatorium luar ruangan tertinggi di dunia. Saat melangkah ke area observatorium, hembusan angin di ketinggian begitu terasa.

Ini bukanlah area untuk Anda yang takut ketinggian. Sisi dinding kaca dipenuhi wisatawan yang asyik berfoto dengan latar pemandangan kota Dubai yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Namun, semua gedung itu tampak kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com