Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Selandia Baru, Naik Pesawat Apa?

Kompas.com - 13/12/2016, 11:01 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

AUCKLAND, KOMPAS.com - Selandia Baru belakangan makin gencar mengincar wisatawan Indonesia. Ada banyak cara menuju Selandia Baru, sebuah negara yang bertetangga dengan Australia.

Selandia Baru sendiri terdiri dari dua pulau utama, yaitu selatan dan utara. Ada beragam obyek wisata yang ditawarkan mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga petualangan. Akses utama menuju negara ini bisa melalui Bandara Auckland, bandara terbesar di Selandia Baru.

Jika ingin menjelajahi pulau utara, maka masuklah melalui Bandara Auckland. Untuk pulau selatan, bisa melalui Bandara Christchurch yang merupakan bandara terbesar di pulau selatan. Selain itu ada pula bandara di Wellington, Dunedin, Rotarua, dan Queenstown.

Ada berbagai maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan menuju Selandia Baru dari Indonesia. Sayangnya, belum ada maskapai penerbangan yang melayani rute langsung dari Indonesia menuju Selandia Baru.

Saya menuju Selandia Baru dalam rangka famtrip bersama Tourism New Zealand dengan menggunakan pesawat Singapore Airlines, Minggu (11/12/2016). Maskapai penerbangan ini merupakan pilihan favorit untuk menuju Selandia Baru.

Rutenya yaitu Jakarta-Auckland dengan transit di Singapura. Penerbangan SQ 961 dijadwalkan berangkat pada pukul 17.00 WIB dari Bandara Soekarno Hatta (terminal 2D) dan tiba di terminal 2 Bandara Changi Singapura pukul 19.45 waktu setempat. Perbedaan waktu antara Jakarta dan Singapura adalah satu jam.

Ikuti petunjuk saat keluar pesawat. Biasanya akan dicantumkan pengumuman Anda harus menuju boarding gate berapa di terminal berapa. Biasanya, penumpang mesti transfer ke terminal 3 Bandara Changi untuk naik pesawat lanjutan dengan rute Singapura- Auckland.

Pesawat lanjutan yang saya tumpangi adalah SQ 285 yang dijadwalkan terbang pukul 20.50 waktu setempat. Terkesan waktunya mepet, hanya ada waktu satu jam transit. Namun petunjuk yang banyak di Bandara Changi akan memudahkan penumpang sampai di boarding gate tepat waktu.

Pesawat SQ 285 tiba di Bandara Auckland keesokan harinya, Senin (12/12/2016) pukul 11.45 waktu setempat. Ini artinya total perjalanan dari pesawat lepas landas di Jakarta hingga sampai di Auckland, sudah termasuk transit, adalah sekitar 13 jam.

Maskapai lainnya

Selain Singapore Airlines, sebenarnya lumayan banyak pilihan maskapai penerbangan lainnya. Agar mudah, pilihlah maskapai penerbangan yang transit atau memiliki homebase di Singapura, Kuala Lumpur, atau Australia.

Jika Anda terbang dari barat Indonesia seperti Jakarta, pilih transit melalui Singapura atau Kuala Lumpur. Untuk maskapai dengan homebase Kuala Lumpur, ada Malaysia Airlines dan AirAsia.

Pilihlah terbang melalui Bandara Ngurah Rai, Denpasar, jika Anda terbang dari timur Indonesia. Lalu pilih transit di Australia. Pilihan maskapainya yakni Qantas, Virgin Australia, dan Jetstar. Jika menggunakan maskapai Jetstar, penerbangan dari Denpasar ke Auckland akan transit terlebih dahulu di Melbourne (Australia).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com