Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Internetan Lancar di Selandia Baru, Ini Tipsnya...

Kompas.com - 13/12/2016, 18:33 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

AUCKLAND, KOMPAS.com - Cara termudah untuk berinternetan dengan mudah di Selandia Baru adalah dengan membeli kartu SIM lokal. Memang ada opsi mengaktifkan data roaming dari operator lokal Indonesia atau mengandalkan sewa WiFi portabel.

Namun jika Anda ingin praktis dan berkunjung ke Selandia Baru hanya dalam waktu singkat, beli saja kartu SIM lokal khusus untuk turis. Ada banyak operator ponsel di Selandia Baru tetapi ada dua yang utama.

Jika Anda datang ke Selandia Baru melalui Bandara Auckland, bandara terbesar di Selandia Baru, maka saat Anda keluar dari bandara, setelah melewati custom, ada loket yang bisa dituju. Dua loket ini adalah Vodafone dan Spark.

Saya sendiri saat tiba di Auckland, memilih untuk membeli kartu SIM Vodafone. Ada beberapa paket NZ Travel SIM dari Vodafone yang bisa dipilih. Saya pilih paket paling populer seharga 49 dollar Selandia Baru (sekitar Rp 468.000).

Dengan harga tersebut, pengguna mendapatkan 3 GB data, 200 menit ke nomor telepon Selandia Baru maupun ke nomor telepon berbagai negara termasuk Indonesia, dan 200 SMS ke nomor telepon berbagai negara termasuk Indonesia.

Jika merasa kemahalan, ada paket seharga 29 dollar Selandia Baru (Rp 277.000), sudah termasuk 1 GB data, 200 menit telepon, dan 200 SMS. Petugas langsung membantu pemasangan SIM card ke ponsel serta mengaktifkannya. Turis hanya tinggal terima beres. Saat membeli, Anda tak perlu menunjukkan paspor. Cukup katakan berapa hari Anda akan berada di Selandia Baru.

Vodafone juga menyediakan portable WiFi hotspot seharga 129 dollar Selandia Baru (Rp 1,2 juta) dan bisa digunakan hingga 10 alat gadget dalam waktu bersamaan. Harga tersebut sudah termasuk 3 GB data. Alat semacam ini cocok jika Anda datang bersama rombongan.

Sementara itu, Spark menawarkan paket dengan harga tidak jauh berbeda. Paket 49 dollar Selandia Baru (sekitar Rp 468.000), persis seperti paket Vodafone, yaitu 3 GB data.

Bedanya adalah 200 menit telepon Selandia Baru dan 200 menit telepon ke negara-negara tertentu, dan 200 SMS ke nomor Selandia Baru dan 100 SMS ke nomor beberapa negara. Sayangnya, nomor telepon Indonesia tidak termasuk dalam daftar tersebut.  

Andalkan WiFi

WiFi gratis tersedia selama waktu tertentu setiba Anda di Bandara Auckland. Anda bisa menemukan spot WiFi gratis di kedai kopi dan restoran. Pilihan lain, WiFi gratis tersedia di semua perpustakaan di Selandia Baru dan juga pusat informasi turis (Visitor Information Center).

Anda juga bisa mengandalkan WiFi di penginapan, baik hostel maupun hotel berbintang. Hanya saja, tanyakan terlebih dahulu apakah fasilitas WiFi tersebut gratis atau bayar. Jika gratis, tanyakan pula apakah gratis hanya tersedia untuk waktu tertentu.

Beberapa kedai dan hotel menerapkan WiFi gratis hanya dalam waktu tertentu, misalnya selama satu jam saja. Setelah itu, turis harus membayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com