Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santap Ayam Kalkun di Malam Natal, Ini Dia Tempatnya

Kompas.com - 15/12/2016, 17:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di negara-negara barat, ayam kalkun menjadi hidangan yang identik dengan perayaan Natal dan Thanksgiving. Di Indonesia sendiri hidangan ini diperkenalkan oleh banyak restoran dan hotel. Salah satunya Century Park Hotel di Senayan, Jakarta yang menawarkan hidangan ayam kalkun panggang dalam paket Christmas Eve Dinner dan Christmas Brunch.

"Hidangan turkey di sini adalah gabungan ala American dan Italian. Kalkunnya menggunakan butterball turkey, American style yang diinjeksi butter agar lembut. Isiannya menggunakan bawang dan roti seperti di Italia," kata Executive Chef di Century Paark Hotel, Hernowo saat djumpai KompasTravel pada acara Holiday Luncheon, Rabu (14/12/2016). 

Dengan menggabungkan dua cara memasak dari dua negara tersebut, Hernowo menciptakan hidangan ayam kalkun yang mantap. Daging ayam kalkun lembut, tak kering, dan bumbu terserap sampai ke dalam daging. 

BACA JUGA: Cari Kalkun Bakar di Jakarta, Ini Dia Tempatnya...

"Kalkunnya memang di-marinate dulu semalaman, kemudian dipanggang dalam oven dilapisi dengan alumunium foil, lalu dibuka alumunium foil-nya dan dipanggang lagi," kata Hernowo. Total ia memerlukan waktu selama tiga jam untuk memanggang ayam kalkun agar masak sempurna.

Sebagai pendamping hidangan ayam kalkun panggang, ada dua saus yakni Cranberry Sauce dan Gravy Sauce. Gravy Sauce adalah saus dengan cita rasa gurih yang dibuat dari kaldu tulang, juga hati dan ampela dari ayam kalkun.

Sedangkan Cranberry Sauce adalah saus dengan cita rasa asam manis dari buah cranberry yang dimasak dengan api pelan. Saus ditambah perasan jeruk lemon dan tepung maizena. Dua saus ini adalah penyeimbang rasa dari rasa ayam kalkun yang gurih dan kaya lemak dari mentega. Tak lupa ada kentang tumbuk dan brokoli sebagai makanan pelengkap dari hidangan ayam kalkun.

BACA JUGA: Bedanya Rasa Daging Kalkun dan Ayam

Hidangan istimewa Century Park Hotel yang hanya ada pada bulan Desember ini hanya ada di paket menginap Weekend Go For Christmas tanggal 24-26 Desember 2016. Paket tersebut dihargai Rp 1.250.000 per kamar, sudah termasuk sarapan untuk dua orang. Anda juga bisa memilih menyantap makanan di Christmas Eve Dinner atau Christmas Brunch. 

Alternatif lain adalah memesan hidangan ayam kalkun di luar paket yang dihargai Rp 3,5 juta untuk ayam kalkun panggang, dua saus, dan dua hidangan pendamping yang bisa dikonsumsi 30 orang. 

Selain paket makan di Hari Raya Natal, Century Park Hotel juga memberi promosi untuk New Year's Eve Buffet Dinner dengan harga Rp 348.000 per orang, termasuk Beer & Barbeque Party dan menyaksikan penampilan dari penyanyi Rio Febrian.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com