Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Waxi", Moda Transportasi Alternatif di Manchester

Kompas.com - 16/12/2016, 09:02 WIB
Jalu Wisnu Wirajati

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com - Bosan naik taksi beroda empat dan melintas di atas jalan raya? Anda mungkin harus ke Manchester dan mencoba Waxi alias Manchester Water Taxis alias taksi air.

Pada awal November lalu, Waxi diperkenalkan kepada publik di Kanal Bridgewater. Ini merupakan taksi air pertama di Greater Manchester dan bisa memuat hingga 10 penumpang.

Salah satu ciri Manchester adalah keberadaan kanal-kanal yang mengelilingi kota. Kanal tersebut sudah ada sejak abad ke-18.

Bridgewater merupakan kanal buatan pertama di Inggris Raya dan dibuka pada 1761. Sistem kanal diperluas dengan meletusnya Revolusi Industri dan memungkinkan kapal laut langsung berlayar ke Pelabuhan Manchester.

(BACA: Musim Gugur di London, Ini yang Bisa Dilakukan selama 24 Jam)

Keberadaan kanal-kanal ini kemudian dilihat sebagai salah satu peluang untuk memperkenalkan taksi air.

"Saya melihat taksi air ini merupakan solusi transportasi lokal di Greater Manchester dengan memanfaatkan jalur air," ujar Andy Burnham, salah satu kandidat Wali Kota Manchester.

Dibandingkan mobil, Waxi memang kalah cepat. Perahu berwarna kuning itu rata-rata berlayar 6 kilometer per jam saat membawa penumpang.

"Kendati demikian, ada sensasi berbeda saat menaiki Waxi. Apalagi, angkutan tersebut bisa mengantar kita sampai Stadion Old Trafford," kata Sue McCarthy, pemandu wisata peserta Visit Britain pada pertengahan November lalu.

Old Trafford merupakan markas dari klub sepak bola Manchester United. Sadar bahwa banyak turis datang ke Manchester untuk menyaksikan Manchester United, manajemen Waxi pun menempatkan Old Trafford sebagai salah satu tempat pemberhentian.

Pada 21 November, Waxi pun resmi dibuka kepada publik. Waxi mulai beroperasi pada pukul 7.30 dan pemberangkatan terakhir pukul 18.45.

Harga tiket Waxi ini bervariasi. Paling murah adalah 3 poundsterling per orang dan paling mahal 7 poundsterling untuk satu kursi.

Selain pembeli satuan, Waxi pun menyediakan paket untuk berwisata berkeling satu harian. Ada dua paket yang ditawarkan, 160 poundsterling dan 200 poundsterling.

Taksi air bukanlah "barang" baru di dunia transportasi. Di Amerika Serikat, sejumlah kota sudah memperkenalkan moda transportasi seperti ini, di antaranya Chicago, Baltimore, dan Florida Selatan. 

Hanya, taksi air di Manchester ini ukurannya lebih kecil. Ada pun di kota-kota Amerika Serikat itu menggunakan perahu dengan kapasitas yang jauh lebih besar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com