Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Wisman, Kepri Gelar 6 Event Bulan Ini

Kompas.com - 17/12/2016, 15:09 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar enam event berbeda bulan Desember 2016.

Rangkaian event yang digelar antara lain Trifam-Triathlon (9-11 Desember 2016), The Santana Experience with Almatina (10 Desember 2016), Tribun Barelang Marathon (11 Desember 2016), serta The 1st Batam Senior Golf Challenge (13-14 Desember 2016) yang digelar di Tering Bay.

Wisman yang paling diincar adalah asal Singapura dan Malaysia. Sejak November 2016, banyak event yang berlangsung di Bintan dan Batam.

"Posisi geografis Kepri yang dekat dengan Singapura dan Malaysia sangat menguntungkan kami. Ke Singapura naik kapal tidak sampai satu jam. Hingga akhir tahun, destinasi wisata di Kepri tak pernah sepi. Beberapa event tadi dibanjiri ribuan wisatawan," terang Kadispar Kepri, Buralimar, Jumat (16/12/2016) dalam siaran pers yang diterima KompasTravel.

BACA JUGA: Anambas, Inilah Saingannya Raja Ampat

Selain angka kunjungan, tingkat okupansi hotel pun naik dengan prosentase cukup signifikan. Jumlah tamu yang menginap pada hotel berbintang pada Oktober 2016 tercatat 71.938 orang.  Jumlah ini meningkat 2,67 persen dibandin September 2016 yang sebanyak 70.064 orang. Jika dibandingkan dengan tamu menginap bulan Oktober 2015 yaitu sebanyak 60.316 orang, terjadi peningkatan sebesar 19,27 persen. 

Kepri sukses menorehkan namanya di posisi tiga besar penyumbang wisman terbanyak di Indonesia. Prosentasenya mencapai 20%. Raihannya hanya bisa dikalahkan Bali 40% dan Jakarta 30%.

"Sekarang Kepri sudah memosisiikan diri sebagai gerbang wisata bahari Indonesia. Kami punya Batam, Bintan dan Anambas yang sangat strategis dikembangkan menjadi wisata yacht, marina dan tempat parkir perahu pesiar. Semuanya dekat dengan international hub udara maupun laut," ungkap Buralimar.

Event wisata di Kepri tak selesai di situ. Masih ada Kenduri Akhir Tahun yang bisa dinikmati pada 31 Desember 2016. Kegiatan akan digelar di dataran Engku Putri untuk memberikan hiburan wisman dan masyarakat Batam.

"Kami juga merencanakan pesta kembang api dan sinar laser," tambah Buralimar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com