Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busan, Destinasi di Korsel yang Bakal "Hit" Tahun 2017

Kompas.com - 17/12/2016, 21:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan, Kota Busan diprediksi akan naik daun di kalangan turis Indonesia yang liburan ke Korea Selatan. Hal terlihat lantaran ketertarikan beberapa travel agent Indonesia terhadap paket wisata Korea Selatan dengan Busan sebagai destinasinya.

"Kalau di 2017, Korea Selatan ada yang baru-baru lagi. Itu di Busan," kata Vice President Operation PT Dayawisata Intiindah (Dwidaya Tour), Mariani Tjan kepada KompasTravel seusai acara Korea Tourism Award di Jakarta, Jumat (16/12/2016) malam.

Ia menambahkan pihak Dwidaya Tour akan mencoba membuat paket wisata ke Busan. Langkah tersebut diambil agar menjadi pilihan destinasi berbeda untuk turis Indonesia. Ia melihat permintaan destinasi Busan dari turis Indonesia cukup signifikan.

"Pasarnya sih ada tapi belum terlalu banyak. Mungkin di satu sisi di KTO (Korea Tourism Organization) belum terlalu mempromosikan. Atau seperti Descendant of The Sun, itu ada filmnya lalu langsung 'wah'," tambahnya.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Restoran Ramah Muslim di Seoul Korsel

Marketing Manager ESQ Tours & Travel, Surdi Supriadi menyebut Busan termasuk ke dalam destinasi wisata yang akan menjadi tren tahun 2017 untuk turis Indonesia. Ia menjelaskan Busan bisa menjadi destinasi wisata pilihan bagi turis Indonesia yang akan berlibur ke Korea Selatan untuk kali kedua.

"Trennya sih gak hanya Busan, semua destinasi di Korea sudah jadi favorit. Kalau sudah ke Korea kan orang taunya Jeju, Nami Island. Untuk first timer mereka mau ke Nami Island dan Jeju. Untuk yang repeater, ada Busan dan destinasi lainnya," jelas Surdi kepada KompasTravel di kesempatan yang sama.

Ia melihat Busan cocok untuk turis Muslim asal Indonesia. Pasalnya, menurut Surdi, Busan kini telah berfokus untuk mengembangkan destinasi yang ramah untuk turis Muslim.

"Kalau buat kami, ESQ Tour & Travel kami pilih-pilih yang ada sarana untuk muslimnya. Sudah lengkap atau belum. Misalnya makanan halal, kalau belum ada kita tidak kunjungi destinasi itu. Busan itu masuk buat repeater kami. Karena sudah mulai dibangun fasilitas muslimnya," tambahnya.

Busan adalah sebuah kota pelabuhan dan metropolitan di sebelah tenggara Korea Selatan. Beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi di Busan seperti Busan Tower, Pantai Gwangalli, Taejongdae Park, dan beragam obyek wisata lainnya.

BACA JUGA: Liburan ke Korsel, Turis Indonesia Paling Doyan Belanja Kosmetik

Sebelumnya, Korea Tourism Organization (KTO) memberikan penghargaan kepada travel agent asal Indonesia yang berkontribusi dengan membawa turis Indonesia ke Korea Selatan. Ada beberapa kategori penghargaan seperti Best Performance in Selling Series Group, Best Performance in Selling Incentive Groups, Most Growing Agents, Most Adventurous Agent, Best Muslim Agent, Most Innovative Agent, Most Prestigious Agent, Most Attractive Agent, dan Most Creative Agent.

Penghargaan Best Performance in Selling Series Group diberikan kepada Golden Rama Tours & Travel, Best Performance in Selling Incentive Groups, Most Growing Agents diberikan kepada Dwidaya Tour & Travel, dan Best Muslim Agents diberikan kepada ESQ Tours & Travel.

Adapun travel agent yang mendapatkan penghargaan di KTO Award yaitu Bayu Buana Travel Service, WITA Tour, K.I.A Tours & Travel, Avia Tour, Antavaya, dan Panorama Tour.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com