Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Copet Saat Berlibur, Ini Tipsnya...

Kompas.com - 18/12/2016, 11:12 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim libur tiba, otomatis destinasi wisata akan ramai pengunjung. Tak sedikit oknum yang memanfaatkan kepadatan wisatawan untuk melakukan tindak kriminal, seperti mencuri barang berharga.

Untuk menghindari pencopet saat berwisata, ada kiat yang dapat Anda lakukan seperti dikutip dari situs Lonely Planet dan Travel and Leisure.

1. Gunakan sabuk khusus uang

Sabuk khusus uang ini bentuknya kecil, berbahan tipis dan ditempatkan di bagian pinggang. Umumnya gerai perlengkapan traveling menjual sabuk tersebut. Benda ini terbilang efektif menyimpan barang berharga karena mengurangi ruang gerak pencopet.

2. Hati-hati menggunakan sabuk khusus uang

Meski direkomendasikan, penggunaan sabuk khusus uang juga harus diwaspadai, karena terletak di tempat yang tersembunyi, saat Anda mengeluarkan uang dapat menimbulkan kecurigaan. Bijaknya keluarkan uang dengan jumlah sedikit di tempat terjangkau.

(BACA: Jalan-Jalan ke Kota "Anti-Copet", Mau?)

3. Jangan tampil seperti turis

Hindari menggunakan busana dan perhiasan yang mencolok. Sebab bahasa dan rupa yang berbeda sebenarnya telah mencirikan bahwa Anda adalah pendatang. Tampilkan bahasa tubuh yang percaya diri, jangan seperti turis yang sedang kebingungan.

4. Jangan meninggalkan barang berharga di kamar hotel

Tips tersebut tak berlaku apabila Anda memang yakin barang berharga tersebut tersimpan di tempat yang terkunci dan aman, juga jangan pernah meninggalkan barang bawaan berharga di kendaraan.

5. Percaya insting

Jika merasa ada yang janggal, jangan ragu untuk memeriksa barang bawaan Anda atau lari jika memang diperlukan.

Kebanyakan pencopet saat ini justru berbusana rapi dan tampak seperti wisatawan pada umumnya. Liburan memang saat untuk bersantai tetapi jangan lupa untuk selalu waspada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com