Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Destinasi Wisata Terinspirasi dari Uang Baru NKRI

Kompas.com - 20/12/2016, 18:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia baru saja meluncurkan uang NKRI baru pada Senin (19/12/2016). Ada tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam baru yang diluncurkan.

Berbeda dengan uang kertas sebelumnya, uang kertas terbaru ini memuat lebih banyak gambar yang mewakili Indonesia, yakni pahlawan nasional, pemandangan alam, kesenian, serta flora asli Indonesia.

Berikut adalah tujuh lokasi wisata yang dimuat di pecahan uang kertas NKRI yang baru, yang dapat menjadi inspirasi berwisata dalam negeri. 

BARRY KUSUMA Kepulauan Wayag di Raja Ampat, Papua.
1. Wayag, Raja Ampat

Pada pecahan uang Rp 100.000 bagian belakang, nampak panorama bukit karst Wayag, Raja Ampat. Wayag memang menjadi ikon dari lokasi wisata Raja Ampat, di Papua Barat.

(BACA: Inilah Wayag, Ikonnya Raja Ampat Papua)

Untuk berkunjung ke Wayag, diperlukan waktu tujuh sampai delapan jam perjalanan via laut dari Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Sedangkan untuk mendapat foto pemandangan seperti di uang Rp 100.000, perlu waktu dua jam untuk menuju puncak bukit karst. Perjalanan yang panjang terbalaskan dengan pemandangan spekatuker yang didapat.

KOMPAS/YOVITA ARIKA Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.
2. Pulau Padar, Taman Nasional Komodo

Rasanya kurang afdol bila berkunjung ke kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tanpa berkunjung ke Pulau Padar. Keindahan panorama Pulau Padar ini diabadikan menjadi latar uang pecahan Rp 50.000.

(BACA: Pantai Pink di Komodo Jadi Primadona Wisman)

Untuk sampai ke puncak Pulau Padar dibutuhkan waktu untuk berjalan mendaki sekitar 15 menit. Pulau Padar juga terkenal dengan pink beach, pasir dengan rona warna merah jambu hasil dari pecahan karang.

3. Kepulauan Derawan

Destinasi wisata yang termasuk di kawasan Provinsi Kalimantan Timur ini kaya akan pesona bahari.

Gambar yang ditampilkan di pecahan uang Rp 20.000 adalah penginapan di atas air dan penyu yang dapat dengan mudah di temui di berbagai pulau di Kepulauan Derawan seperti Pulau Maratua, Sangalaki, dan Kakaban.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com