Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Sambal Pedas dari Berbagai Negara

Kompas.com - 21/12/2016, 19:06 WIB

SAMBAL Indonesia sudah biasa, tetapi bagaimana dengan sambal mancanegara? Ternyata, tidak hanya kita yang doyan sambal. Banyak berbagai negara yang juga menggemari saus pedas.

Komposisi rasa pedas dengan rasa penunjang lain, seperti asam, manis, dan gurih, dalam saus pedas siap menggoyang lidah siapa saja yang mencicipinya. Inilah berbagai saus pedas dari berbagai negara.

Gochujang

Bahan-bahan saus asal Korea ini adalah cabai merah, beras ketan, serta fermentasi kedelai. Warnanya merah cerah dan rasanya manis pedas menyengat.

Sambal ini biasanya jadi dasar rasa makanan Korea seperti tumisan atau sup. Namun, dijadikan saus pelengkap seperti di bibimbap juga enak.

Tabasco

Tabasco adalah saus pedas asal Amerika Serikat. Saus ini diproduksi di Los Angeles, namun dasar rasanya berasal dari saus pedas Cajun asal Louisiana, kota yang terkenal sebagai pusat kuliner Amerika Serikat. Cabai difermentasikan selama tiga tahun, menghasilkan rasa yang kompleks dan unik.

Piri-Piri

Piri-Piri atau Peri-Peri adalah saus khas Afrika Selatan yang kemudian diadopsi oleh orang Portugis. Ia terbuat dari cabai piri-piri (cabai rawit Afrika), kulit jeruk, paprika, daun bay, taragon, oregano, dann jus lemon.

Thinkstockphotos Sriracha
Sriracha

Sriracha merupakan sambal fermentasi ala Thailand. Dasarnya adalah cabai, bawang putih, cuka, garam, dan gula. Berbeda dengan sambal oelek yang lebih bertekstur, sriracha berbentuk saus kental. Cita rasanya pedas dan asam dengan aroma bawang putih yang kuat.

Chili Oil

Chili oil populer di Jepang dan Tiongkok. Chili oil terbuat dari cabai kering atau cabai segar yang digiling dan dicampur dengan minyak. Versi Tiongkok menggunakan lada Sichuan (andaliman) sebagai campuran, sedangkan versi Jepang menggunakan bawang putih dan jahe.

Sambar

Sambar adalah saus pedas asal Srilanka. Komposisinya mirip dengan sambal Indonesia atau Malaysia. Bedanya, sambal ini dicampur dengan kelapa parut menjadi sejenis lauk.

Salsa

Rasa saus Meksiko ini berkisar antara asam pedas hingga sangat pedas. Salsa bisa digiling halus menjadi saus. Ia pun dapat dipotong-potong saja dan dicampur dengan bahan lain seperti tomat hijau, jagung pipil, serta bawang bombay. (DV/SajianSedap.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com