Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Roti Tertua di Solo, Buka Sejak 1881

Kompas.com - 26/12/2016, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Roti Ganep, begitu nama toko tersebut. Toko roti tertua di Solo, Jawa Tengah ini didirikan oleh pasangan Tjang Tiang San dan Auw Like Nio pada 1881. 

Sampai saat ini, sudah Roti Ganep sudah dikelola lima generasi. Kini perusahaan tersebut dikelola oleh Oh Lioe Nio, atau Cecilia Maria Purnadi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Marketing Manager Roti Ganep, Emi Yoeniawati.

"Roti Ganep itu bisa jadi merupakan toko roti tertua di Kota Solo, karena dari dulu waktu generasi ke tiga cerita bahwa memang ada nota-nota yang tertulis tahun 1881, kemudian di beberapa brosur bungkus roti-roti yang lama itu juga 1881," katanya. 

BACA JUGA: Taman Balekambang Solo Bakal Jadi Destinasi Wisata Malam Hari

Nama Ganep sendiri diberikan oleh Raja Surakarta Sinuhun Pakubuwono X dan telah dipatenkan pada tanggal 25 Nopember 1948. Nama Ganep mempunyai arti filosofi: sehat, utuh, waras dan lengkap.

TRIBUN JATENG Toko Roti Ganep Terletak di Jl. Sutan Syahrir No 176, Setabelan, Banjarsari, Solo.

Sejak awal berdiri Roti Ganep memproduksi Roti Kecik, roti kering yang terbuat dari tepung ketan. Roti Kecik merupakan produk unggulan dan andalan hingga saat ini.

Namun pada perkembangannya, Roti Ganep tidak hanya memproduksi roti kecil tetapi juga roti lainnya. Misal Smeer kering, Soes kering, kue garut, bolu kering, stik krakers, dan lain-lain. 

Selain itu, Roti Ganep juga memproduksi roti basah seperti roti keju, roti pisang, roti santen, mandarin, bolu, cake dan lain-lain.

BACA JUGA: Festival Wayang di Solo Suguhkan Pertunjukan Wayang 37 Jam Nonstop

Perusahaan Roti Ganep juga menyediakan aneka oleh-oleh tradisi solo seperti ampyang, intip, karak, rambak, peyek, criping sukun, abon dan menjadi tempat tujuan wisata belanja oleh-oleh di Kota Solo.

Selain itu, Roti Ganep juga menyediakan catering prasmanan dan nasi boks.

Toko Roti Ganep Terletak di Jl. Sutan Syahrir No 176, Setabelan, Banjarsari, Solo. Toko Roti Ganep buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com