Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Banyuwangi? Ini Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 27/12/2016, 07:42 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa memiliki destinasi wisata yang memesona. Yuk kita lihat beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda ke Banyuwangi.

1. Gunung Ijen

Belum berkunjung ke Banyuwangi, jika tidak mendaki Gunung Ijen yang memiliki pesona kawah yang berwarna kehijauan dan memiliki fenomena blue fire yang hanya ada dua di dunia yaitu di Gunung Ijen dan Islandia.

Hal tersebut yang membuat Gunung Ijen selalu didatangi oleh ratusan orang setiap harinya, bahkan jumlahnya mencapai ribuan saat libur panjang.

(BACA: Mengulang Perang Puputan di Rowo Bayu Banyuwangi)

Untuk menuju ke Gunung Ijen cukup mudah. Pengunjung bisa mengendarai kendaraan pribadi atau sewa dari kota Banyuwangi sampai ke Paltuding, pemberhentian terakhir untuk memarkir kendaraan atau menginap mendirikan tenda.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Petambang memikul belerang seberat lebih dari 70 kilogram. Mereka harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer dari kawah Gunung Ijen menuju Pos Paltuding di kawasan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Masyarakat sekitar Gunung Ijen kini sudah mengantisipasi gejala bencana dari kawah tersebut.
Jika tidak mendirikan tenda, biasanya pengunjung berangkat tengah malam dari kota dan bisa melanjutkan perjalanan dengan trekking saat dini hari agar bisa melihat fenomena blue fire yang hanya bisa dilihat sebelum jam 05.00 WIB.

Normalnya pendakian baru dibuka pukul 01.00 dan ditutup jam 12.00 setelah menyaksikan blue fire dan menyaksikan sunrise pertama di Pulau Jawa, pengunjung bisa menikmati keindahan luar biasa dari kaldera Ijen yang berwarna hijau toska dan aktivitas penambang belerang.

(BACA: JK: Kalau Mau Kopi Asli Datang ke Banyuwangi)

Untuk persiapan pendakian, disarankan menggunakan sepatu yang nyaman untuk mendaki, baju hangat karena suhu di atas gunung mencapai 10 derajat celsius, menggunakan masker serta membawa tabung oksigen.

2. Bangsring Underwater

Buat pecinta laut, Bangsring Underwater adalah surganya. Terletak di utara kota Banyuwangi, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan bawah laut di kedalaman 50 sentimeter.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Rumah apung di Bangsring Underwater. Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Selain itu aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah menanam terumbu karang bersama para nelayan, snorkeling, diving, berkunjung ke rumah apung untuk memberi makan ikan yang hidup bebas di lautan serta berenang bersama anakan ikan hiu di keramba yang dirawat oleh para nelayan.

Anakan ikan hiu yang dirawat biasanya tidak sengaja terjaring nelayan sehingga terluka dan butuh perawatan beberapa lama. Jika sudah pulih, maka anakan ikan hiu akan kembali dilepas lautan.

Bangsring Underwater adalah kawasan konservasi seluas 15 hektar yang dikelola oleh kelompok nelayan Samudra Bakti. Mereka memperbaiki terumbu karang di wilayah tersebut yang telah rusak karena pengeboman dan penangkapan ikan menggunakan potas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com