Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Tahun Baru Pelni ke Kepulauan Seribu, Peminat Membeludak

Kompas.com - 28/12/2016, 09:14 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peminat paket wisata tahun baru 2017 PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) di area Kepulauan Seribu, Jakarta membeludak. Hingga, Rabu (27/12/2016) kuota paket wisata tahun baru 2017 telah penuh.

Hal itu disampaikan oleh Manajer Komunikasi dan Kelembagaan PT Pelni, Akhmad Sujadi saat dihubungi KompasTravel, Rabu (27/12/2016).

"Kuotanya ini sudah lebih 100 orang, jadi sudah terpenuhi. Yang waiting list ada 90 orang. Acaranya di top tank (atap kapal). Kalau terlalu banyak, itu terlalu penuh. Jadi kurang aman. Hal itu karena kami menjaga kenyamanan dan keselamatan peserta," kata Sujadi lewat sambungan telepon.

(BACA: Begini Rasanya Naik Kapal Pelni Keliling Raja Ampat)

Ia menjelaskan ketika tarif paket wisata tahun baru diturunkan oleh PT Pelni, wisatawan kemudian berbondong-bondong ingin mendaftar. Hal itu terjadi, lanjut Sujadi, mulai pada hari kedua penurunan tarif paket wisata tahun baru PT Pelni yakni Minggu (25/12/2016).

"Sampai ada dari Kalimantan telepon mau ikut, tapi saya bilang ini acaranya dari Jakarta. Kalau 100 peserta ini dominasi dari area Jabodetabek dan Banten. Semua daerah itu merata," tambahnya.

Sujadi menjelaskan paket wisata tahun baru PT Pelni akan membawa wisatawan ke arah Pulau Edam (PP), Kepulauan Seribu, Jakarta pada Sabtu (31/12/2016) pukul 17.00 WIB. Adapun, acara paket wisata tahun akan dilayani dengan KM Umsini dari Pelabuhan Tanjung Priok.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Pulau Kelor
"Ini pertama kali (paket wisata tahun baru di laut) dilakukan oleh Pelni yang disosialisasi kepada masyarakat. Kapal itu bisa digunakan untuk berbagai event. Ini seperti tahun baru. Bisa untuk rapat. Bahkan kalau pernikahan, bisa dilakukan. Kami ingin menawarkan perayaan tahun baru di lautan. Biasanya kan di darat," jelasnya.

Adapun acara wisata tahun baru ini juga akan dimeriahkan dengan acara Face Painting dan Disk Jockey (DJ). Wisatawan juga diajak menyantap makan malam dan juga melihat matahari tenggelam dari atas KM Umsini.
 
Adapun tarif awal paket wisata awalnya Rp 850.000 untuk semua umur. Setelah diturunkan, harga untuk dewasa adalah Rp 500.000 dan Rp 250.000 untuk anak-anak.
 
"Masih bisa mendaftar, masuk daftar tunggu. Itu ada kemungkinan menggantikan peserta yang gak jadi, atau kebijakan baru (penambahan) yang sedang dibahas," tambahnya.
 
KM Umsini adalah kapal yang melayani penumpang dari Pelabuhan Tanjung Priok - Tanjung Perak (Surabaya) - Nusa Tenggara Timur. Kapal penumpang lain yang turut menyemarakkan tahun baru di tengah laut adalah KM Tilongkabila dan KM Kelimutu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com