4 Ciri "Unik" Orang Indonesia Saat Wisata ke Luar Negeri - Kompas.com

4 Ciri "Unik" Orang Indonesia Saat Wisata ke Luar Negeri

Silvita Agmasari
Kompas.com - 28/12/2016, 17:03 WIB
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan menyaksikan keindahan Gunung Fuji di Prefektur Yamanashi, Jepang, Rabu (30/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan Indonesia saat liburan ke luar negeri ternyata memiliki ciri khas yang hampir sama.

BACA JUGA: Destinasi Favorit Turis Indonesia di Korsel Tahun 2016

Menurut Founder Tourism Training Centre (TTC), Tedjo Iskandar dalam acara Chengdu-Jakarta Tourism Exchange yang berlangsung di Hotel Redtop, Jakarta, Rabu (28/12/2016) jika disimpulkan ada empat ciri khas utama orang Indonesia yang berwisata di luar negeri, seperti berikut:

1. Sering telat

Jarang tepat waktu adalah ciri khas utama wisatawan Indonesia. "Untuk travel agent luar negeri yang ingin mengurus wisatawan Indonesia, orang Indonesia susah buat on time. Terbilang santai," kata Tedjo pada pihak pariwisata Chengdu.

Sama halnya dengan Tedjo, Robin dari Sichuan Dinglong Internasional Travel yang mengurus wisatawan di Chengdu mengatakan orang Indonesia terbilang santai saat sedang berwisata. Padahal, biasanya orang Indonesia memeiliki jadwal perjalanan yang sangat padat.

2. Doyan belanja

Bukan rahasia lagi jika orang Indonesia suka berbelanja saat di luar negeri. Tedjo mengatakan barang bermerek, fashion, dan oleh-oleh jadi komoditi kegemaran orang Indonesia. Alangkah lebih baik lagi jika barang belanja tersebut dapat ditawar sampai harga terendah.

3. Panduan yang sederhana

Tedjo mengatakan wisatawan Indonesia lebih suka mendengarkan penjelasan pemandu yang sederhana tanpa perlu cerita yang berbelit-belit.

4. Suka swafoto

Kebiasaan swafoto atau berfoto selfie juga tak bisa dipisahkan dari wisatawan orang Indonesia.

"Tua ataupun muda, semua gemar swafoto," tutur Tedjo.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar