Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Mana "Long Weekend" Tahun 2017? Ini Rekomendasinya

Kompas.com - 30/12/2016, 09:20 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih belum tahu jumlah hari libur pada tahun 2017? Berdasarkan Keputusan Bersama  Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 135 Tahun 2016, Nomor: SKB 109 Tahun 2016, Nomor: 01/SKB/MENPANRB/04/2016 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2017 yang telah diubah awal Desember lalu, terdapat 20 hari libur, terdiri dari 16 hari libur nasional dan 4 haru cuti bersama.

Untuk mendapatkan libur panjang (long weekend) jika telah bekerja, Anda bisa menyiasati dengan cara mengambil cuti tambahan. Berikut destinasi wisata yang bisa dipilih pada long weekend tahun 2017.

KOMPAS/EMANUEL EDI SAPUTRA Panitia Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang, Kalimantan Barat, menggelar pawai lampion pada Selasa (3/3/2015) malam. Sejumlah lampion dipasang pada mobil hias dan kendaraan yang dibentuk seperti kereta kencana.
1. Libur Imlek 28 Januari

Libur Imlek 28 Januari 2017 jatuh pada hari Sabtu. Jika ingin merasakan suasana perayaan Imlek, Pontianak dan Singkawang di Kalimantan Barat bisa jadi pilihan. Di Pontianak misalnya biasa diselenggarakan acara arakan naga, barongsai, drumband dan atraksi naga bersinar.

Sementara di Singkawang, rangkaian acara perayaan Imlek juga akan meramaikan. Menyantap kuliner-kuliner Singkawang seperti Bubur Pekong di belakang Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya dan menyambangi Warung Mie Kering Haji Aman bisa jadi pilihan.

Pontianak dan Singkawang akan bersolek dengan hiasan-hiasan khas Imlek seperti lampion dan juga patung-patung naga Imlek. Hiburan kembang api juga biasa dilakukan di pusat Kota Pontianak.

2. Libur Hari Raya Nyepi 28 Maret

Libur Imlek 28 Maret 2017 jatuh pada hari Selasa. Libur empat hari bisa Anda dapatkan dengan catatan mesti mengambil cuti pada Senin (27/1/2017). Anda bisa memanfaatkan momentum libur Nyepi ini menuju Taman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah.

Di Taman Nasional Sebangau, Anda bisa menikmati suasana hutan tropis dan juga menyusuri sungai yang berwarna hitam pekan yakni Sungai Koran. Ini karena sungai tersebut memiliki kandungan tannin yang tinggi akibat rawa gambut di bagian dasarnya.
 
Anda juga bisa berenang di Sungai Koran atau juga hanya berkeliling menggunakan perahu. Di area taman Nasional Sebangau, Anda juga bisa melihat orang utan (Pongo pygmaeus) beserta fauna lain seperti bekantan (Nasalis larvatus), beruang madu (Helarctos malayanus), macan dahan (Neofelis nebulosa), dan kucing hutan (Felis bangalensis).

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Lebih dari seabad lalu tepatnya tahun 1910, Pastor Clerk dan Capres mendarat di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Saumlaki, Maluku Tenggara Barat.
3. Libur Wafat Isa Al Masih 14 April

Hari Libur Isa Al Masih pada 14 April jatuh pada hari Jumat. Waktu liburan hingga hari Minggu (12/2/2017) adalah lima hari dengan catatan harus mengambil cuti pada tanggal 12-13 April 2016.

Anda bisa datang ke Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. Di sana, Anda bisa mengunjungi patung-patung Yesus Kristus di Monumen Kristus Raja dan juga melihat tugu pembaptisan pertama di Desa Olilit Timur.

Di Saumlaki, Anda juga mengunjungi situs arkeologi Perahu Batu Natar Sori yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Di situs tersebut, Anda bisa melihat sebuah perahu batu berukuran besar berada di Desa Sangliat Dol, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Pilihan kegiatan lain adalah mengunjungi Pulau Matakus yang berjarak sekitar 1,5 jam dari Pelabuhan Saumlaki. Di sana, Anda bisa menikmati suasana pantai dan melihat kerajinan kain tenun tanimbar.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Turis domestik tengah mengunjungi situs Benteng Buton di Sulawesi Tenggara.
4. Libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 24 April

Libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 24 April jatuh pada hari Senin. Anda punya waktu libur empat hari dengan catatan harus mengambil cuti pada hari Jumat (21/4/2017).

Selama libur empat hari, Anda bisa mengunjungi Buton di Sulawesi Tenggara. Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Keraton Buton memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Masjid ini dibangun pada 1542 oleh Sultan Kaimuddin Khalifatul Khamis. Di masjid itu ada sebuah mitos sebuah lubang yang konon bisa mengeluarkan bunyi azan.

Atau mengunjungi Bukit Teletubbies di tengah perjalanan Pasarwajo menuju Bau-Bau. Anda bisa berfoto layaknya di Kawah Wurung, Bondowoso, Jawa Timur. Pilihan lain obyek wisata di Buton adalah bekas peninggalan Kesultanan Wolio/Buton yakni Benteng Keraton Buton.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Huta Ginjang di Desa Dolok Martumbur, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Selasa (23/8/2016). Obyek wisata ini terletak kurang lebih berjarak 8 kilometer dari Bandara Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.
5. Libur Hari Buruh Internasional 1 Mei

Libur Hari Buruh Internasional 1 Mei jatuh pada hari Senin. Anda punya waktu libur empat hari dengan catatan harus mengambil cuti pada hari Jumat (28/4/2017).

Destinasi Danau Toba, Sumatera Utara bisa jadi pilihan untuk liburan. Anda bisa mengunjungi Pulau Samosir untuk melihat patung dan pertunjukan Sigale-gale, datang ke Makam Raja Sidabutar, dan juga mampir ke Museum Rumah Adat Batak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com