Ke Mana "Long Weekend" Tahun 2017? Ini Rekomendasinya - Kompas.com

Ke Mana "Long Weekend" Tahun 2017? Ini Rekomendasinya

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 30/12/2016, 09:20 WIB
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Gugusan pulau-pulau di Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara Barat (MTB) dilihat dari pesawat Garuda Indonesia, Kamis (8/12/2016). Pulau terbesar di Kepulauan Tanimbar adalah Pulau Yamdena dengan ibukota MTB yakni Saumlaki.

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih belum tahu jumlah hari libur pada tahun 2017? Berdasarkan Keputusan Bersama  Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 135 Tahun 2016, Nomor: SKB 109 Tahun 2016, Nomor: 01/SKB/MENPANRB/04/2016 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2017 yang telah diubah awal Desember lalu, terdapat 20 hari libur, terdiri dari 16 hari libur nasional dan 4 haru cuti bersama.

Untuk mendapatkan libur panjang (long weekend) jika telah bekerja, Anda bisa menyiasati dengan cara mengambil cuti tambahan. Berikut destinasi wisata yang bisa dipilih pada long weekend tahun 2017.

KOMPAS/EMANUEL EDI SAPUTRA Panitia Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang, Kalimantan Barat, menggelar pawai lampion pada Selasa (3/3/2015) malam. Sejumlah lampion dipasang pada mobil hias dan kendaraan yang dibentuk seperti kereta kencana.
1. Libur Imlek 28 Januari

Libur Imlek 28 Januari 2017 jatuh pada hari Sabtu. Jika ingin merasakan suasana perayaan Imlek, Pontianak dan Singkawang di Kalimantan Barat bisa jadi pilihan. Di Pontianak misalnya biasa diselenggarakan acara arakan naga, barongsai, drumband dan atraksi naga bersinar.

Sementara di Singkawang, rangkaian acara perayaan Imlek juga akan meramaikan. Menyantap kuliner-kuliner Singkawang seperti Bubur Pekong di belakang Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya dan menyambangi Warung Mie Kering Haji Aman bisa jadi pilihan.

Pontianak dan Singkawang akan bersolek dengan hiasan-hiasan khas Imlek seperti lampion dan juga patung-patung naga Imlek. Hiburan kembang api juga biasa dilakukan di pusat Kota Pontianak.

2. Libur Hari Raya Nyepi 28 Maret

Libur Imlek 28 Maret 2017 jatuh pada hari Selasa. Libur empat hari bisa Anda dapatkan dengan catatan mesti mengambil cuti pada Senin (27/1/2017). Anda bisa memanfaatkan momentum libur Nyepi ini menuju Taman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah.

Di Taman Nasional Sebangau, Anda bisa menikmati suasana hutan tropis dan juga menyusuri sungai yang berwarna hitam pekan yakni Sungai Koran. Ini karena sungai tersebut memiliki kandungan tannin yang tinggi akibat rawa gambut di bagian dasarnya.
 
Anda juga bisa berenang di Sungai Koran atau juga hanya berkeliling menggunakan perahu. Di area taman Nasional Sebangau, Anda juga bisa melihat orang utan (Pongo pygmaeus) beserta fauna lain seperti bekantan (Nasalis larvatus), beruang madu (Helarctos malayanus), macan dahan (Neofelis nebulosa), dan kucing hutan (Felis bangalensis).

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Lebih dari seabad lalu tepatnya tahun 1910, Pastor Clerk dan Capres mendarat di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Saumlaki, Maluku Tenggara Barat.
3. Libur Wafat Isa Al Masih 14 April

Hari Libur Isa Al Masih pada 14 April jatuh pada hari Jumat. Waktu liburan hingga hari Minggu (12/2/2017) adalah lima hari dengan catatan harus mengambil cuti pada tanggal 12-13 April 2016.

Anda bisa datang ke Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. Di sana, Anda bisa mengunjungi patung-patung Yesus Kristus di Monumen Kristus Raja dan juga melihat tugu pembaptisan pertama di Desa Olilit Timur.

Di Saumlaki, Anda juga mengunjungi situs arkeologi Perahu Batu Natar Sori yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Di situs tersebut, Anda bisa melihat sebuah perahu batu berukuran besar berada di Desa Sangliat Dol, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Pilihan kegiatan lain adalah mengunjungi Pulau Matakus yang berjarak sekitar 1,5 jam dari Pelabuhan Saumlaki. Di sana, Anda bisa menikmati suasana pantai dan melihat kerajinan kain tenun tanimbar.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Turis domestik tengah mengunjungi situs Benteng Buton di Sulawesi Tenggara.
4. Libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 24 April

Libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 24 April jatuh pada hari Senin. Anda punya waktu libur empat hari dengan catatan harus mengambil cuti pada hari Jumat (21/4/2017).

Selama libur empat hari, Anda bisa mengunjungi Buton di Sulawesi Tenggara. Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Keraton Buton memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Masjid ini dibangun pada 1542 oleh Sultan Kaimuddin Khalifatul Khamis. Di masjid itu ada sebuah mitos sebuah lubang yang konon bisa mengeluarkan bunyi azan.

Atau mengunjungi Bukit Teletubbies di tengah perjalanan Pasarwajo menuju Bau-Bau. Anda bisa berfoto layaknya di Kawah Wurung, Bondowoso, Jawa Timur. Pilihan lain obyek wisata di Buton adalah bekas peninggalan Kesultanan Wolio/Buton yakni Benteng Keraton Buton.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Huta Ginjang di Desa Dolok Martumbur, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, Selasa (23/8/2016). Obyek wisata ini terletak kurang lebih berjarak 8 kilometer dari Bandara Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.
5. Libur Hari Buruh Internasional 1 Mei

Libur Hari Buruh Internasional 1 Mei jatuh pada hari Senin. Anda punya waktu libur empat hari dengan catatan harus mengambil cuti pada hari Jumat (28/4/2017).

Destinasi Danau Toba, Sumatera Utara bisa jadi pilihan untuk liburan. Anda bisa mengunjungi Pulau Samosir untuk melihat patung dan pertunjukan Sigale-gale, datang ke Makam Raja Sidabutar, dan juga mampir ke Museum Rumah Adat Batak.

Tak ketinggalan, Anda bisa menikmati kuliner seperti mie gomak di Pasar Tiga Raja, pizza andaliman di Balige, dan aneka kuliner lain. Anda juga bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari sisi Bukit Hutaginjang di Siborong-Borong, Tapanuli Utara.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Panorama Lembah Harau dilihat dari puncak Bukit Panorama yang terletak tak jauh dari Air Terjun Akar Berayun. Perjalanan ke puncak bukit berkisar 200 meter.
6. Libur Kenaikan Isa Al Masih 25 Mei

Libur Kenaikan Isa Al Masih 25 Mei jatuh pada hari Kamis. Anda bisa mendapatkan waktu libur selama empat hari jika Anda mengambil cuti pada Jumat (25/5/2017).

Selama libur Kenaikan Isa Almasih empat hari, Anda bisa menuju Sumatera Barat. Anda bisa pergi ke obyek wisata Lembah Harau.

Di Lembah Harau, Anda bisa melihat lanskap batu kapur yang mengapit sawah-sawah dan tempat tinggal masyarakat. Anda bisa juga menyesap kopi kawa di salah satu sudut warung-warung Lembah Harau.

Di Padang, Anda juga mengunjungi Mandeh. Di Mandeh, kegiatan yang bisa dicoba ada wisata bahari seperti banana boat di Pantai Carocok, Painan dan juga paralayang dari Bukit Langkisau.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pendaki menuruni jalur pendakian baru Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Jawa Barat, Kamis (29/6/2016). Gunung Papandayan kini memiliki jalur pendakian baru yang erletak di punggung gunung sisi kanan jalan jika dijangkau dari pintu penjualan tiket masuk Gunung Papandayan.
7. Libur Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Libur Hari Lahir Pancasila 1 Juni jatuh pada hari Kamis. Anda bisa mendapatkan waktu libur selama empat hari jika Anda mengambil cuti pada Jumat (2/6/2017).

Anda bisa menyambangi Garut untuk liburan selama empat hari. Anda bisa melakukan kegiatan seperti wisata belanja, mendaki gunung, atau wisata kuliner.

Kegiatan mendaki gunung yang bisa dicoba adalah mendaki Gunung Papandayan dengan lama pendakian dua hari satu malam.

Jika tak ingin mendaki terlalu lama, Anda bisa memilih untuk melihat matahari terbit dari satu sisi Gunung Papandayan. Wisata di Kota Garut seperti wisata belanja pernak-pernik dari kulit di Sukaregang juga tak kalah menarik.

Saat berada di Garut, jangan lupa juga kunjungi Kawah Bodas untuk melihat aneka kawah. Ada yang berbunyi seperti kereta dan ada juga yang memancar dari celah-celah batu.

Dok. Dito/PT. Pelni Pemandangan bawah laut di sekitar Dermaga Desa Yenbuba, Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Minggu (30/10/2016).
8. Libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah 25-26 Juni

Libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah 25-26 Juni jatuh pada hari Selasa dan Rabu. Pemerintah memberlakukan cuti bersama pada 23 Juni dan 27-28 Juni sehingga jatah libur menjadi enam hari.

Anda bisa pergi ke Raja Ampat selama libur Lebaran tahun 2017. Pilihan kegiatan yang bisa dilakukan adalah snorkeling juga mengunjungi obyek-obyek wisata di sekitar Pianemo.

Tujuan wisata yang harus disambangi seperti Telaga Bintang, Bukit Pianemo, Gunung Botak, dan juga Pulau Rufas. Di Telaga Bintang, wisatawan bisa mendaki bukit batu kapur dan berfoto dengan latar belakang telaga yang berbentuk seperti bintang.

Sementara di Gunung Botak, Anda bisa mendaki punggung bukit dan melihat pemandangan gugusan bukit-bukit Pianemo dari sisi lain.

Tak ketinggalan untuk disambangi adalah Pulau Rufas. Pulau ini memiliki laguna di tengah pulau yang tentunya “menyegarkan” mata.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana sekitar warung es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Semangkukk es dawet telasih ditawarkan dengan harga Rp 8.000.
9. Libur HUT RI 17 Agustus

Libur 17 Agustus 2017 jatuh pada hari Kamis. Libur empat hari bisa Anda dapatkan dengan catatan mesti mengambil cuti pada Jumat (18/12/2017). Anda bisa memanfaatkan momentum libur 17 Agustus ke Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Di Labuan Bajo, tentunya Anda bisa mengunjungi Pulau Komodo. Anda bisa melihat hewan Komodo sambil berkeliling pulau.

Selain itu, bagi penggemar wisata bahari, Anda bisa menuju ke Pantai Pink untuk bersantai. Anda bisa snorkeling atau diving di area laut Taman Nasional Komodo. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sekitar Labuan Bajo adalah mendaki bukit di Pulau Padar dan berwisata kuliner seafood.

10. Libur Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah 1 September

Libur Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah 1 September jatuh pada hari Jumat. Anda bisa mendapatkan waktu libur selama empat hari dengan catatan harus mengambil cuti pada Kamis (31/8/2016).

Anda bisa pergi ke daerah Solo dan Sukoharjo, Jawa Tengah. Beragam wisata seperti wisata sejarah, kuliner, dan budaya bisa dicoba.

Wisata seperti mengunjungi rumah-rumah usaha kecil menengah masyarakat Sukoharjo. Ada pembuatan kerupuk kulit kerbau, pembuatan kok untuk bulutangkis hingga alkohol.

Jajanan di Pasar Gede juga tak boleh dilewatkan. Anda bisa mencicipi makanan seperti Nasi Tumpang, Brambang Asem, Es Dawet, juga lenjongan.

Mau wisata belanja? Anda bisa mengunjungi Pasar Klewer untuk membeli batik dan oleh-oleh lainnya.

KOMPAS.com| wijaya kusuma Masyarakat saat berdesak-desakan berebut Gunungan di Masjid Gede Keraton
11. Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1 Desember

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1 Desember jatuh pada hari Jumat. Anda bisa mendapatkan waktu libur selama empat hari dengan catatan harus mengambil cuti pada Kamis (31/11/2016).

Pada libur Maulid Nabi Anda bisa ke Yogyakarta untuk melihat tradisi Grebeg Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Acara tradisi Maulid Nabi diselenggarakan di Alun-alun Utara.

Di sana wisatawan bisa menyaksikan arak-arakan Gunungan yang dikawal oleh Prajurit Keraton dan Gajah, juga untuk "Ngalap Berkah". Cobalah untuk ikut memperebutkan isi Gunungan yang telah diarak.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Beberapa bangunan yang tak kalah menarik adalah Pura Manikan, Balai Kambang, Balai Bundar, Balai Lunjuk, Balai Warak, dan Kolam Air Mancur.
12. Libur Hari Raya Natal 25 Desember

Libur Hari Raya Natal 25 Desember jatuh pada hari Senin. Libur empat hari bisa Anda dapatkan dengan catatan mesti mengambil cuti pada Jumat (22/12/2017).

Destinasi Bali untuk libur Natal tahun 2017 bisa menjadi pilihan. Anda bisa pergi ke Kabupaten Karangasem dan Ubud, Gianyar sebagai alternatif destinasi wisata di Kabupaten Badung.

Anda bisa mengunjungi Taman Ujung atau juga dikenal dengan sebutan Taman Sukasada. Di Taman Ujung, terdapat bangunan-bangunan tempat peristirahatan Raja Karangasem dan menjamu tamu Kerajaan Karangasem.

Obyek wisata lain yang bisa didatangi adalah Bukit Campuhan. Anda bisa bersepeda atau berjalan di punggung Bukit Campuhan sembari berfoto.

Obyek wisata lain yang bisa dikunjungi di Ubud seperti Air Terjun Tegunungan dan Air Terjun Tibumana. Ada pula Pura Tampaksiring, Candi Tirta Empul, dan Pasar Seni Sukawati.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM