Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Destinasi Wisata Paling Tercemar di Dunia, Salah Satunya Indonesia

Kompas.com - 01/01/2017, 11:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Situs Dailymail baru saja merilis catatan mengenai negara destinasi wisata paling tercemar di dunia. Indonesia masuk sebagai salah satu negara yang mendapat predikat negatif tersebut.

"Di ibu kota Indonesia, Jakarta, anak-anak memulung di tumpukan sampah setiap hari," tulis situs Dailymail pada (29/12/2016). Dalam situs berita itu, tampak foto yang menampilkan dua orang anak di Jakarta sedang memulung sampah dan perairan Pulau Mentawai yang tercemar oleh sampah.

Selain Indonesia, negara lain yang juga disorot karena masalah sampah dan polusi adalah India, Brasil, Kamboja, Malaysia, China, dan bahkan Amerika Serikat (Hawaii dan Los Angeles masuk dalam daftar tersebut).

Pemulung di tumpukan sampah Delhi, India.

Misalnya Sungai Gangga di India, yang menjadi destinasi wisata dan religi di India, disebutkan tercemar dengan limbah industri hingga bangkai hewan.

Selanjutnya, Hawaii's Midway Atoll National Wildlife Refuge dipenuhi sampah plastik, jaring untuk menangkap ikan, dan limbah tali. Tuvalu di Kepulauan Polinesia juga disorot karena masalah sampah plastik dan styrofoam.

Brasil dan Kamboja disorot karena perkampungan kumuh yang penuh sampah. Sementara itu, Malaysia disorot karena sampah di Pantai Sandakan.

Polusi udara di Beijing.

Selain itu, kota yang masuk dalam grafik kerusakan lingkungan adalah ibu kota China, Beijing, karena diselimuti asap tebal. Polusi parah yang menyebabkan orang-orang harus memakai masker pelindung ketika keluar menjadi kebiasaan dalam hidup di kota ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com